Menu

Mode Gelap
Peneliti: Prabowo Telah Buktikan Kinerja dan Kesetiaan Pada Presiden Harusnya Di Bali, Ternyata B20 Chairwoman Beber Peran Besar Bobby Lianto Perjuangkan Labuan Bajo Pimpinan KPK Sangat Sedih, Harus Tangkap Hakim Agung PLN Miliki Holding Subholding, Strategi Jitu Sambut Masa Depan Kerja Keras KADIN NTT Terbukti, Walikota Darwin Setuju Kerjasama dengan Kota Kupang

Polkam · 21 Sep 2022 11:10 WITA ·

Telegram Panglima TNI untuk Fasilitasi Menwa, Komponen SDM Utama dalam Komduk


 Ketua DPP IARMI NTT, H. Fahmi Adullahi saat berpose bersama Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Pada sela-sela Rapimnas Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia  pada 26-27 Agustus di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta.  Foto: Istimewa Perbesar

Ketua DPP IARMI NTT, H. Fahmi Adullahi saat berpose bersama Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Pada sela-sela Rapimnas Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia  pada 26-27 Agustus di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta. Foto: Istimewa

Jakarta (MEDIATOR)—Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa menerbitkan sebuah telegram pada 17 Agustus 2022 kemarin. Dalam telegram bernomor  ST/2078/2022 yang ditujukan kepada Aster KASAD, Aspotmar KASAL dan Aspotdirga KASAU ini mengacu pada UU No 34 tahun 2004 tentang TNI dan hasil hasil audiensi Komandan Nasional (Dankonas) Menwa Indonesia dengan Panglima TNI tanggal 30 Juni 2022 bertempat di kantor Subden Denma Mabes TNI Jl Merdeka Barat No. 2 Jakarta Pusat.

“Sehubungan dengan dasar diatas kepada tersebut alamat agar memerintahkan para Danrindam, Dankolat dan Dansatdik untuk memfasilitasi Resimen Mahasiswa apabila mengajukan permohonan untuk melaksanakan pelatihan dasar kemiliteran dan bela negara serta memfasilitasi sarana dan prasarana, tenaga pendidik maupun materi pelajaran,”demikian surat dari Panglima TNI yang ditandatangani oleh Aster, Mayjen TNI Purwo Sudaryanto.

Baca Juga  Viktor Laiskodat Gubernur Dua Periode adalah Sapaan Adat

Tidak hanya itu melainkan Jenderal Andika Perkasa juga menyatakan mendukung keterlibatan resimen mahasiswa (Menwa) dalam berbagai kegiatan sebagai salah satu komponen pertahanan rakyat semesta dalam menjaga kedaulatan bangsa.

“Kalau secara pribadi, saya sangat mendukung,” kata Andika Perkasa, dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa,  Jumat (26/8/22) seperti dilansir TEMPO.CO.

Dikatakannya bahwa mengacu pada berbagai negara maju, seperti Amerika Serikat, yang terpenting bagi anggota pleton adalah kedisiplinan dalam segala hal. “Bukan hanya baris-berbaris, tetapi sebagai anggota pleton, apakah dia memiliki loyalitas terhadap komandan pletonnya. Karena, dalam kehidupan bernegara, semua ini akan berjalan bagus apabila ada kepatuhan,”kata Andika.

Oleh karena itu, Andika berpandangan bahwa membentuk disiplin sejak muda merupakan salah satu aspek yang harus ditekankan kepada Menwa.

Baca Juga  VBL: Nilai-Nilai Pancasila Harus Tumbuh di Kalangan Milenial

Pernyataan tersebut ia ungkapkan ketika menerima audiensi dari Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiswa Ahmad Riza Patria. Dalam kesempatan tersebut, Riza mengungkapkan bahwa audiensi dengan Panglima TNI bertujuan membangkitkan peran Menwa dalam menjaga kedaulatan bangsa.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen  TNI Agus Subiyanto saat membawakan materi pada Rapimnas Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia  (IARMI) Agustus lalu di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta.
Foto: Istimewa

Komponen SDM Utama

Sementara dalam momentum Rapimnas Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia  pada 26-27 Agustus di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta, hadir Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen Agus Subiyanto. Dalam materinya terkait Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), dia menekankan bahwa Menwa dan IARMI sebagai komponen SDM utama dalam Komponen Pendukung (Komduk) Bela Negara, haruslah dijaga kualitasnya. Dia pun menyebut peran besar organisasi resimen kemahasiswaan dalam lembaga-lembaga perguruan tinggi luar negeri. Bahkan mereka sangat disegani karena kepiawaiannya tidak saja pada ilmu yang ditekuninya di lembaga perguruan tinggi melainkan mengenai dalam keprajuritan.

Baca Juga  Menhan Prabowo Terima Empat Bintang Kehormatan dari TNI

“Dalam materinya, Wakasad menekankan tentang Menwa dan IARMI sebagai SDM Komduk Bela Negara yang harus dijaga kualitasnya. Kita bersyukur karena Panglima TNI sudah menerbitkan telegram yang menekankan bahwa TNI siap memfasilitasi kita dalam kegiatan-kegiatan serta pelatihan,”tegas Ketua DPP IARMI NTT, H. Fahmi Adullahi kepada Mediatorkupang.com,  Rabu (21/9/22) di Kupang.

Diakui, saat itu dia menjadi salah satu peserta pada Rapimnas IARMI di Jakarta dan pihaknya setuju jika Sishankamrata yang disusun berdasarkan falsafah Undang-undang Dasar dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia, diterapkan secara baik. Pasalnya, ancaman terhadap ketahanan nasional dapat datang dari luar maupun dalam negeri. (TEMPO/stenly boymau)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 177 kali

Baca Lainnya

Kerja Keras KADIN NTT Terbukti, Walikota Darwin Setuju Kerjasama dengan Kota Kupang

21 September 2022 - 23:30 WITA

Panitia Buka Pendaftaran Calon Ketua IARMI, Fahmi: Junjung Tinggi Nilai Demokrasi

17 September 2022 - 10:31 WITA

IARMI NTT Rapatkan Barisan, Konsolidasi Tingkat Kota dan Kabupaten Kupang, Kobarkan Semangat Bela Negara

16 September 2022 - 10:46 WITA

Gubernur VBl Siap Dikoreksi Kepemimpinannya: Nobody Is Perfect

30 Agustus 2022 - 22:53 WITA

Jokowi: Xi Jinping dan Putin Akan Hadir di KTT G20 Bali

19 Agustus 2022 - 11:59 WITA

Prabowo-Cak Imin Segera Dapat Tambahan Koalisi

16 Agustus 2022 - 19:23 WITA

Trending di Polkam