Menu

Mode Gelap
Politeknik Negeri Kupang Gelar PPM, Warga Oesapa Barat Dilatih Teknik Pengemasan Produk UMKM Ada Anggur Berkelas, Aneka Produk dan Mahakarya Perempuan Timor di Napan, Desa Binan Bank NTT yang Jadi Etalase RI Gerindra Beri Catatan Kritis ke Polda, Syahbandar dan Basarnas Terkait Tragedi Cantika Express 77 Riwayat Brigjen Iman, Putra Jenderal Edi Sudrajat yang Meninggal karena Serangan Jantung di Kupang Produksi Aneka Rempah Melimpah di Molakoli, Desa Binaan Bank NTT, Mereka Butuh Offtaker

Polkam · 7 Okt 2022 12:19 WITA ·

Presiden Biasanya Mendadak Tentukan Calon Panglima TNI


 Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). (ANTARA/Indra Arief Pribadi) Perbesar

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Jakarta (MEDIATOR) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) biasanya menentukan sosok calon Panglima TNI dalam waktu mendadak dan tanpa pembahasan sejak jauh hari. “Sejauh pengalaman saya, Presiden itu nggak pernah jauh-jauh hari ngomong, beliau pasti mendadak,”demikian Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Andika mengatakan hal itu saat disinggung apakah Presiden Jokowi sudah mengajaknya berdiskusi soal calon panglima TNI yang baru. Dia mengaku tidak ingin berspekulasi apa pun mengenai calon Panglima TNI yang akan menggantikan dirinya pada Desember 2022.

Untuk diketahui bhwa masa jabatan Andika sebagai Panglima TNI akan habis pada bulan terakhir tahun ini karena dia memasuki usia pensiun. Dia pun mengaku belum memiliki persiapan khusus menjelang pensiun.

Baca Juga  Jokowi dan Prabowo Kian Kompak Saja

Ketika disinggung soal wacana perpanjangan masa jabatannya sebagai Panglima TNI hingga 2024, Andika enggan berkomentar.

“Nggak jawab saya,” tukasnya seperti dilansir ANTARA.

Namun,  sebagai prajurit dia akan melaksanakan dengan baik apa pun perintah Presiden Jokowi. “Ya apa pun perintahnya, saya laksanakan,” kata lulusan Akademi Militer tahun 1987 itu.

Menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, usia pensiun prajurit paling tinggi ialah 58 tahun bagi perwira dan 53 tahun bagi bintara dan tamtama. Andika lahir pada 21 Desember 1964 atau 57 tahun lalu, dan pada 21 Desember 2022 dia akan berusia 58 tahun atau memasuki pensiun.

Saat ini, ada tiga kepala staf dari tiga matra TNI yang berpeluang menjadi calon panglima TNI, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasau) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (ANT/BOY)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Pergub No  85 Tahun 2022 Tentang Konservasi Taman Komodo Dicabut

27 November 2022 - 19:35 WITA

Dukung Pemprov Alokasi Gaji PPPK dan Bayar TPP ASN, Gerindra Support Modal Inti Bank NTT Rp 3 Triliun

20 November 2022 - 18:47 WITA

CATATAN. Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD NTT, Jan Pieter Windy, saat membaca Pendapat Akhir Fraksi Gerindra DPRD NTT Terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 di ruang sidang DPRD NTT, Selasa (15/11). Foto: Dok Fraksi Gerindra

Gubernur Lemhanas, VBL dan TW Bawa Pesan Jokowi ke Dili, Bahas Zona Perdagangan Bebas

16 Oktober 2022 - 16:35 WITA

Kol Simon Kamlasi Dipesan Sederhana dalam Penampilan, Namun Perkasa dalam Pertempuran”

10 Oktober 2022 - 00:20 WITA

Salut, Anak Seorang Guru di TTS Kini Jabat Kasrem 161 Wira Sakti Kupang

10 Oktober 2022 - 00:13 WITA

Pimpinan Partai Berkarya Datangi DPRD Kota Kupang, Eksekusi PAW Usai Sidang

30 September 2022 - 00:22 WITA

Trending di Polkam