Menu

Mode Gelap
Politeknik Negeri Kupang Gelar PPM, Warga Oesapa Barat Dilatih Teknik Pengemasan Produk UMKM Ada Anggur Berkelas, Aneka Produk dan Mahakarya Perempuan Timor di Napan, Desa Binan Bank NTT yang Jadi Etalase RI Gerindra Beri Catatan Kritis ke Polda, Syahbandar dan Basarnas Terkait Tragedi Cantika Express 77 Riwayat Brigjen Iman, Putra Jenderal Edi Sudrajat yang Meninggal karena Serangan Jantung di Kupang Produksi Aneka Rempah Melimpah di Molakoli, Desa Binaan Bank NTT, Mereka Butuh Offtaker

Nuansa NTT · 22 Okt 2022 12:09 WITA ·

Para Kepala Daerah di NTT Diminta Belajar dari Kerja Keras Bupati Sumba Barat Daya


 CONTOH. Gubernur NTT Viktor Bungtilu  Laiskodat saat memberi sambutan, dalam acara HLM TPID Bersama Pulau Sumba GNPIP Provinsi NTT yang dilaksanakan di Rumah Budaya Kabupaten Sumba Barat Daya, pada (21/10/2022).  Foto: Biro AP Setda NTT Perbesar

CONTOH. Gubernur NTT Viktor Bungtilu  Laiskodat saat memberi sambutan, dalam acara HLM TPID Bersama Pulau Sumba GNPIP Provinsi NTT yang dilaksanakan di Rumah Budaya Kabupaten Sumba Barat Daya, pada (21/10/2022). Foto: Biro AP Setda NTT

Tambolaka (MEDIATOR)–Apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) terkait Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dan juga penanganan stunting. Demikian Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan sambutan dalam acara High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (HLM TPID) Bersama Pulau Sumba Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi NTT yang dilaksanakan di Rumah Budaya Kabupaten Sumba Barat Daya pada (21/10/2022).

“Kabupaten Sumba Barat Daya ini menjadi contoh dari kerja kolaborasi dan bukti nyata di lapangan dalam Program TJPS dengan menjadi satu-satunya Kabupaten yang menanam jagung program TJPS hingga 36.000 Ha. Ini langkah hebat karena kita lihat hasilnya sudah ada dan ini membuktikan bahwa bila kerja bersama dan sinergi yang baik maka pasti memberikan hasil yang sangat maksimal,” ujar Gubernur VBL seperti dikutip dari release Biro AP Setda NTT.

Baca Juga  Legenda CAMAR Gandeng Karang Taruna Gelar Turnamen SITARDA CUP V, Hadiah Berlimpah

“Para Bupati lainnya harus belajar dari Kabupaten ini. Saya harapkan bisa memberikan pengaruh positif bagi kabupaten lainnya untuk meningkatkan produktifitas pertanian,” tambahnya.

“Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga mampu menurunkan angka stunting di Sumba Barat Daya dengan cukup signifikan yakni dari angka 40% kini turun menjadi 20%. Ini sangat luar biasa dan ini adalah bukti bahwa kita bekerja dengan hati dan kepedulian yang tulus maka akan membawa hasil yang baik,” ujar Gubernur.

Gubernur menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang datang dari sektor pertanian, peternakan, dan perikanan akan sangat banyak memberikan pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah karena banyak masyarakat yang memiliki profesi dari berbagai sektor tersebut.

“Saya selalu tekankan agar kita kerja kolaboratif. Semua harus saling mendukung juga untuk pihak Perbankan. Pihak Perbankan yang tidak ikut kolaborasi dalam pembangunan daerah bersama pemerintah dan masyarakat maka saya akan tegur dan beri peringatan dan bahkan tutup kantornya karena dianggap tidak berkontribusi aktif membangun daerah,” tegas beliau.

Baca Juga  Lurah dan Warga Serentak Bersihkan Sampah

Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT Agus Sistyo Widjajati menjelaskan beberapa hal terkait dengan pengendalian inflasi.

CONTOH.Bupati SBD, Kornelis Kodi Mete, saat memberi sambutan dalam acara HLM TPID Bersama Pulau Sumba GNPIP Provinsi NTT yang dilaksanakan di Rumah Budaya Kabupaten Sumba Barat Daya, pada (21/10/2022).
Foto: Biro AP Setda NTT

“Terkait untuk membantu pengendalian inflasi dan meningkatkan ketahanan pangan dalam rangka menjaga pasokan pangan dan stabilitas harga maka langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain Memperkuat komoditas strategis di daerah, Melakukan manajemen pengelolaan stok bahan pangan seperti melalui Offtaker dan Memperluas kerja sama antar daerah untuk mengurangi terjadinya disparitas harga,” jelasnya.

Agus juga menambahkan beberapa rekomendasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya sektor pertanian yaitu 1. Melakukan penguatan sumber daya manusia (memperbanyak penyuluh pertanian, meningkatkan keterampilan kepada kelompok petani, memberikan pelatihan secara berkelanjutan untuk tingkatkan keterampian dalam mengolah lahan pertanian, serta kerja sama dengan pihak pendidikan); 2. Melakukan peningkatan produktifitas pertanian (melakukan perluasan lahan pertanian, memberikan bantuan alat sarana produksi pertanian dan termasuk pupuk bersubsidi, melakukan integrasi program TJPS dengan ekosistem peternakan, mendorong investasi dan pembiayaan di bidang pertanian dan optimalisasi anggaran pemda); dan 3. Melakukan pengembangan manajemen SWOT (melakukan kerja sama antar daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan, meningkatkan nilai produk, dan digitalisasi produksi.)

Baca Juga  Prosesi Adat Sakral Segera Dilakukan, Ini Detik-detik Gubernur Viktor Minta Didoakan

Di tempat yang sama, Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete menjelaskan, beberapa langkah yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah diantaranya Melakukan Pengendalian Penertiban BBM bersubsidi sehingga tepat sasaran, mengoptimalkan operasi pasar, pemantauan harga pasar, melaksanakan kegiatan pasar murah secara rutin, menghimbau pada ASN dan masyarakat agar melakukan penanaman holtikultura di pekarangan rumah, membentuk 100 kelompok petani kluster untuk hortikultura. (AP/BOY)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

Mimpi Besar Bobby Lianto Saat Panen Padi di Wetana, Tanah Terberkati di Sumba Barat

26 November 2022 - 17:38 WITA

Hamamah Horsan, Kepala Desa Perempuan Pertama di Amarasi

8 November 2022 - 17:21 WITA

VBL Sang Sulung Selatan, Bicara Tentang Budaya di Panggung Sakral Pemakaman Maramba Sumba

9 Oktober 2022 - 13:55 WITA

TJPS Jadi Program Unggulan, Pemprov NTT Eksekusi Lebih Awal Sambut Periode Okmar

27 September 2022 - 23:09 WITA

Leonard Antonius Pimpin Federasi Barongsai NTT, Anastasia Foe Jabat Ketua Perwanti

27 September 2022 - 14:27 WITA

Hengky Lianto Melaju ke Periode Dua Pimpin PSMTI NTT, Ini Struktur Pengurusnya

27 September 2022 - 13:21 WITA

Trending di Nuansa NTT