Mahasiswa Prodi DKV Suguhkan Puluhan Karya Desain Edukatif dan Inspiratif Bagi Masyarakat

INFO UKSW40 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Sebanyak 87 karya desain mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dipamerkan dalam kegiatan “DISKOMVISION”, Senin (20/05/2024) di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga. DISKOMVISION merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Prodi DKV.

Kegiatan yang digelar sejak bulan Maret lalu dengan tema “Mutualisme” ini berhasil memikat perhatian masyarakat untuk mengunjungi setiap sudut ruangan pameran. Saat memasuki ruangan pameran, pengunjung disuguhkan dengan karya inovatif berupa board game, video pendek, karya kelas, karya workshop foto katalog hingga produk hasil tugas mahasiswa.

Beranjak dari sudut board game, pengunjung juga bisa masuk ke ruangan playday board game untuk memainkan berbagai game yang dirancang oleh mahasiswa Prodi DKV.  Di sisi lain, terdapat ruangan screening film di mana pengunjung bisa menikmati film pendek dan animasi.

Baca Juga  Luar Biasa! Mahasiswa UKSW Raih Juara Umum GenBi Korkom Semarang Cup Competition 2024 

Tak berhenti sampai di situ, beralih ke ruangan yang lain, pengunjung mendapatkan wawasan baru dari puluhan pameran karya Tugas Akhir mahasiswa yang dirancang sebagai media pembelajaran. Salah satunya, board game “Meningkatkan Kesantunan Berbahasa Jawa untuk Anak Usia 8 Tahun” dan “Tropical Safeguard”.

Tampak setiap stand karya mahasiswa dikelilingi oleh para pengunjung, salah satunya Maya Puspita Dewi, S.E. Ia mengungkapkan acara pameran ini sangat keren dan menginspirasi. “Acara ini sangat bermanfaat, memberikan inspirasi, dan mengedukasi setiap pengunjung yang datang,” ungkap ibu yang bersama putrinya, Galuh, yang memiliki hobi desain ini.

Senada, Hussein Galang Marhaen juga mengungkapkan rasa senangnya saat mengunjungi setiap stand pameran. “Saya telah mencoba board game Kesantunan Berbahasa Jawa, hal itu sangat edukatif dan pastinya menginspirasi saya,” kata siswa kelas XI dari Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Salatiga tersebut.

Baca Juga  Anak Muda Calon Dokter dari NTT, Sudah Bisa Kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Program Unggulan

Sementara itu, Kepala Departemen Sistem Informasi FTI Prof. Hindriyanto Dwi Purnomo, S.T., M.IT., Ph.D., menerangkan kegiatan DISKOMVISION ini adalah salah satu program unggulan DKV yang telah diselenggarakan selama 16 tahun.

“Sebuah program yang luar biasa. Fakultas sangat mengapresiasi kegiatan ini karena telah mewadahi mahasiswa untuk menunjukan kreativitasnya, lalu dipamerkan,” imbuh Prof. Hindriyanto saat pembukaan acara.

Para pengunjung mengunjungi pameran karya desain mahasiswa Prodi DKV UKSW dalam acara DISKOMVISION 2024, Senin (20-05-2024) di GPD Kota Salatiga.
Foto: Humas UKSW/Meditorkupang.com

Di samping itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) DKV Birmanti Setia Utami, S.Sn., M.Sn., berharap melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dan karya yang dihasilkan dapat menginspirasi para pengunjung.

Selain menampilkan karya-karya inovatif, pameran ini juga menyediakan workshop “Tye Dye with Tinctori” dan “Klinik Desain” di mana pengunjung dapat belajar langsung dari mahasiswa dan dosen mengenai prinsip dan dasar desain. Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari Band The CEFOBand Tenggara, dan Band The Bajuri.

Rangkaian acara DISKOMVISION masih akan berlangsung hingga Rabu (22/05/2024) di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga, gratis dan terbuka untuk umum. Pameran berlangsung pukul 10.00-21.00 WIB. Selain itu, tersedia puluhan stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyediakan beragam kuliner. (RLS/HUMS- UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *