UKSW Gelar Talk Show “Menempa Mental Baja di Era Disrupsi” Panaskan Semangat Wirausaha Muda, Simak Harapan Rektor Intiyas

INFO UKSW43 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar acara talk show inspiratif bertajuk “Menempa Mental Baja di Era Disrupsi: Tantangan dan Solusi untuk Pengusaha Muda”, Selasa (21/05/2024) di Balairung Universitas.

Talk show ini merupakan bagian dari pembukaan Program Young Entrepreneur Progressive and Outstanding (Your Proud) Batch 2, sebuah program unggulan dari UKSW yang bertujuan mencetak wirausaha muda yang tangguh dan inovatif.

Acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa, mentor, dosen pembimbing lapangan, pimpinan universitas, stakeholder pemerintahan, pimpinan lembaga keuangan, dan praktisi kewirausahaan ini menghadirkan empat pembicara yang mumpuni di bidangnya. Para pembicara menekankan pentingnya memiliki mental baja, yaitu pantang menyerah, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul.

Tujuan mulia 

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah Wulan Rudy Prasetyo membuka diskusi dengan berbagi kisah perjalanan bisnisnya sejak kecil. “Indonesia menyediakan sumber daya alam yang bisa kita kelola dan kembangkan. Selain itu, penting untuk memiliki tujuan mulia dari bisnis yang kita kembangkan,” ujar pengelola kurang lebih 18 perusahaan di bidang pertanian, peternakan, dan energi ini.

Baca Juga  UKSW Masuk  QS Top Universities, Simak Pesona dan Kemudahan Kuliah di Sana

Di sisi lain, Ketua HIPMI Salatiga periode 2015-2018 Sandra Kusumawati, menandaskan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam berbisnis. “Hutang di bank bisa menjadi alat produktif untuk memulai usaha. Yang penting adalah bagaimana kita mengelola dan berinovasi agar bisnis bisa bertahan,” kata Sandra.

CEO Omah Kedelai Salatiga Abel Jatayu menceritakan perjalanannya memulai bisnis. “Fokuslah membangun usaha terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bangun jejaring memperluas bisnis kita,” ujarnya sebelum berpesan kepada mahasiswa untuk memiliki kemauan untuk terus belajar dalam mengembangkan bisnis.

Indah Aulia Dewi, CEO Bahiti Gift and Craft dan alumni Your Proud Batch 1, menutup sesi dengan berbagi kiat sukses manajemen waktu. “Saya mulai bisnis dari nol dan kini sudah memiliki beberapa karyawan. Jangan lelah berusaha, selalu bersyukur, dan cintai diri kalian sendiri,” pesan Indah yang menciptakan lapangan kerja dengan membuat produk-produk buket bunga dan kerajinan.

WR RIK Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., membuka Program Your Proud Batch 2 dengan memukul gong, Selasa (21-05-2024).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom. Acara ini juga dirangkaikan dengan soft launching Healthy Food UKSW, inovasi makanan olahan sehat hasil penelitian dan pengembangan inventor UKSW. Produk-produk inovatif seperti “es krim Yoke” dan “Most Snack”, yang merupakan hasil kolaborasi riset antara dosen dan mahasiswa, dipamerkan kepada para peserta.

Baca Juga  Jawab Tantangan Forum Rektor Indonesia: UKSW Komitmen Tingkatkan Inovasi

Entrepreneurship Research University

Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK) Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc., menjelaskan bahwa Program Your Proud bertujuan untuk mendorong lahirnya wirausaha muda yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian dan permasalahan sosial di masyarakat.

Disebutkannya, dari 17 tim yang mengikuti program ini, 10 diantaranya mendapatkan pendanaan dari Program Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2024 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Program ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang memiliki karakter inovatif dan berjiwa wirausaha, sejalan dengan visi UKSW menjadi entrepreneurship research university. “Tujuannya untuk menyebarkan virus wirausaha sebanyak mungkin di generasi muda  UKSW ataupun lingkungan sekitar UKSW,” imbuhnya.

Baca Juga  Dua Profesor Kelahiran NTT di Panggung UKSW, Dampingi Rektor Intiyas Tandatangan Kerja Sama dengan KPU RI

Hadir secara online melalui zoom meeting, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dalam sambutannya menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Program Your Proud. Ia mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu program unggulan universitas untuk seluruh program studi.

“Saya yakin, dengan bimbingan para mentor dan semangat para mahasiswa, Program Your Proud akan melahirkan wirausaha muda yang sukses dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa,” ujarnya.

Talk show ini mendapat respon positif dari para peserta. Salah satu anggota tim Thala Studio Maria Debora mengaku terinspirasi dengan kisah para pembicara. “Talk show ini menambah pengalaman dan wawasan baru bagi saya. Saya semakin termotivasi untuk terus mengembangkan bisnis saya,” ujar mahasiswa Fakultas Psikologi ini.

Pembukaan Program Your Proud Batch 2 ini juga menampilkan beragam produk inovasi yang dikembangkan yaitu Healthy Food berupa Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), Teh +62, Most Snack, Sourdough, Es Krim Yoke, Spring Roll, FruityBop, serta produk inovasi Board Game, Rabbit Colony Games Production. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *