Walikota: Percepat Vaksinasi Anak 6-12 Tahun

Kesehatan36 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Kupang

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dalam rapat yang dihadiri Wakil Wali Kota, dr. Hermanus Man dan Sekda Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (24/12), juga membahas tentang capaian vaksinasi di Kota Kupang yang menurutnya diusahakan bisa mencapai target 100 persen.

Vaksinasi untuk anak-anak usia 6-12 tahun diharapkan dapat dipercepat sesuai petunjuk dari pemerintah pusat. Dinas Kesehatan menyediakan vaksin dan vaksinator, Dinas Pendidikan menyediakan tempat dan siswa yang siap divaksin. Para lurah diminta untuk pro aktif mendorong warga yang belum divaksin untuk ke puskesmas agar divaksin. Dinas Kesehatan juga diminta untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak yang biasa menggelar vaksinasi massal seperti TNI dan Polri, agar stok vaksin tidak kadaluwarsa.

Baca Juga  Selamat Datang Presiden Jokowi, Gubernur VBL: Angka Stunting NTT Sudah Turun Jauh

Wakil Walikota Herman Man menambahkan, terkait capaian vaksinasi di Kota Kupang ada selisih kurang lebih 20 persen antara dosis pertama dengan dosis kedua. Puskesmas diminta untuk membagikan data penerima vaksin dosis pertama yang belum vaksin kedua kepada para lurah untuk segera ditindaklanjuti. Tentang vaksinasi bagi siswa SD-SMP, menurut Wawali ditargetkan pada Februari 2020 mendatang sudah mencapai 100 persen, sehingga sudah bisa diberlakukan pembelajaran tatap muka tanpa batas menjelang ujian nasional. Untuk itu Dinas Kesehatan diminta untuk menghitung berapa banyak kebutuhan vaksin untuk anak-anak usia SD-SMP di Kota Kupang.

Tentang antisipasi badai siklon tropis, Wawali minta para camat dan lurah untuk mengaktifkan posko peduli bencana dan memantau pergerakan informasi pada sosial media, terutama terkait pengumuman dan imbauan BMKG. Meski dalam suasana hari raya Natal, para camat dan lurah serta seluruh perangkat daerah diminta untuk tetap waspada dan siaga 24 jam serta siap dihubungi apabila diperlukan.

Baca Juga  MANTAP… Vaksinasi di Kota Kupang Sudah 86 Persen

Kepala BPBD Kota Kupang, Maxi Jemy D. Didok, S.Pd, M.Si menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTT terkait antisipasi suspect siklon tropis kali ini dan sudah menetapkan status kesiapsiagaan bencana sesuai SOP pada BNPB. Pihaknya sudah menyiapkan posko dan layanan call center 24 jam, serta selalu mengupdate data informasi dari BMKG yang langsung diteruskan ke para camat dan lurah untuk disampaikan kepada RT dan RW guna menangkal hoax yang beredar di masyarakat. (*PKP_ans/***/MSC01)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *