Senandung Doa untuk Gubernur Viktor dan Bank NTT di Kaki Gunung Kelimutu

Polkam34 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Ende

Dalam melaksanakan kunjungan kerjanya selama 17 hari di seluruh kabupaten di Lembata dan daratan Flores, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mampir dan meresmikan Kantor Fungsional Bank NTT yang terletak di Desa Koanara, Kecamatan Moni, Kabupaten Ende, Senin (11/4/2022) pagi.  Lokasi ini merupakan titik awal dari rangkaian kunjungan Gubernur VBL beserta rombongan di Kabupaten Ende pagi itu.

Setibanya di lokasi, yang berada persis di bawah kaki Gunung Kelimutu, gubernur langsung disambut dengan sapaan dan tarian adat, sebagai bentuk penghormatan bagi tamu yang datang untuk berkunjung. Ditandai pengalungan selimut dan dipersilahkan masuk ke tenda, seremoni pagi itu diawali dengan doa yang dipimpin oleh Romo Yoseph Liwu, PR.

Tatkala seluruh tamu dan rombongan sedang khusuk berdoa, ada senandung doa yang dinaikkan kepada Sang Khalik oleh Pastor Paroki Moni itu agar senantiasa memberkati Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan juga Bank NTT, yang sudah berkontribusi dalam membangun bangsa.

“Kiranya berkat Tuhan turun melimpah atas Bapak Gubernur dan Bank NTT kami ini agar melayani lebih sungguh. Bank NTT menjadi bank yang sehat kuat dan terpercaya oleh segenap rakyat disini,”demikian penggalan doa yang dinaikkan. Masih dalam untaian doa, Romo Yoseph mendoakan kepada seluruh manajemen yang mengelolanya agar memiliki hati yang tulus dalam pelayanan sehari-hari sebagai keikutsertaan dalam karya penciptaan manusia baru manusia Paskah.

Baca Juga  Peringati HUT ke-14, SATRIA NTT Gelar Doa Syukur dan Aksi Kemanusiaan

“Kedalam tanganMu kami serahkan Bank NTT kami tercinta, jagalah dan berkatilah.” Tidak hanya itu, melainkan Romo Yoseph pun mendoakan umat Kristiani dimanapun, yang mempersiapkan hati merayakan Paskah tahun ini serta seluruh umat Islam yang sedang melaksanakan Puasa di bulan Ramadhan ini.

Seluruh rombongan pun didoakan karena sudah mempertaruhkan hidupnya demi masyarakat NTT tercinta. “Sebagaimana Kristus datang untuk melayani, dan bukan untuk dilayani. Demikian juga mereka semua dalam rombongan ini mengabdikan diri untuk kesejahteraan kami semua. Demi Kristus Tuhan kami, AMIN.”

Saat didoakan, Gubernur VBL dan rombongan tertunduk khusuk. VBL sendiri, tunduk sambil melipat kedua tangannya. Di sampingnya duduk Bupati Ende, H. Djafar Ahmad, Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho, Prof Daniel Kameo, serta sejumlah pejabat Forkopimda Ende. Staf khusus yang hadir diantaranya Anwar Pua Geno, DR. Imanuel Blegur, Bertol Badar, dan para kepala dinas tingkat provinsi.

Baca Juga  Gelorakan Semangat Kolaborasi, Gubernur VBL Jelajah Daratan Timor, Kumpul Semua Bupati

Peresmian Kantor Fungsional Bank NTT

Dalam kunjungannya selama 17 hari ke Lembata dan daratan Flores, Ende adalah kabupaten keempat yang disinggahi oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) setelah sebelumnya mengunjungi Lembata, Flores Timur dan Kabupaten Sikka. Setibanya di Moni, Gubernur VBL beserta rombongan disambut dengan tutur adat dan tari-tarian. Sebelumnya, VBL  beserta rombongan sempat bermalam di Aemalu, Desa Detupera, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sikka. Adapun peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita serta peninjauan berbagai fasilitas di dalamnya oleh Gubernur NTT dan rombongan.

Gubernur VBL saat itu mengatakan bahwa desain pembangunan ekonomi kedepan harus diperkuat pada sektor UMKMnya. Dikarenakan saat ini perbankan yang ada di seluruh dunia sangat serius dalam pengembangan UMKM.

“Dunia saat ini sedang merujuk kepada pengambangan UMKM. Dimana UMKM adalah salah satu usaha untuk mengangkat semua potensi lokal yang ada. Kita punya segala jenis kekayaan alam, dan itu semua harus dikerjakan oleh masyarakat setempat. Itu baru namanya ekonomi rakyat. Karena dari ekonomi rakyat itu sendiri nantinya akan menjadi penyangga pertumbuhan ekonomi daerah serta negara,”jelas Gubernur Viktor.

Baca Juga  Besok, Bank NTT Luncurkan Kredit Kendaraan Bermotor Tanpa Uang Muka, Syaratnya Mudah

Dia berharap dengan hadirnya Bank NTT di Moni, berbagai UMKM yang ada harus diberdayakan. “Harus didesain produknya seperti apa serta berbagai pihak seperti pemerintah desa, para pengusaha dan Off Taker harus dilibatkan dalamnya. Setelah itu kita dorong ke sistem penjualan yang berbasis online melalui marketplace. Jadi hadirnya Bank NTT di sini harus berfungsi demikian,”ucapnya.

Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho saat itu melaporkan, kehadiran kantor Fungsional Bank NTT di Moni sudah sesuai dengan regulasi baik itu undang-undang perbankan, maupun peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kantor itu nantinya berfungsi melaksanakan fungsi intermediasi bank yaitu menghimpun dan menyalurkan dana. Dimana skala untuk kantor fungsional itu selaras dengan program Gubernur NTT yakni untuk membangkitkan UMKM. Kantor Fungsional Bank NTT di Moni merupakan yang ke-222 di seluruh NTT, serta yang ke-14 di Kabupaten Ende. (**/stenly boymau)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *