Presiden Menanti Para Gubernur di IKN untuk Prosesi Adat, VBL Bawa Bukti Cinta Persembahan Flobamorata

Polkam26 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, 13-14 Maret 2022. Dalam agenda tersebut nantinya akan digelar acara syukuran serta ritual adat guna menyambut pembangunan IKN Nusantara.

Sebagaimana diketahui, kunjungan Presiden Jokowi nantinya turut dihadiri oleh seluruh gubernur Indonesia. Para gubernur yang hadir diminta menggunakan pakaian adat daerah masing-masing. Seluruh gubernur juga akan membawa kendi berisikan air dan tanah dari daerah masing-masing.

Tanah dan air dari yang dibawa para gubernur itu kemudian akan dicampurkan menjadi satu. Sesi ritual adat yang akan diselenggarakan pada kunjungan kerja Presiden Jokowi ke IKN Nusantara itu dibeberkan Gubernur Kaltim Isran Noor, Jumat (11/3) siang, demikian dilansir JPNN.com. Isran Noor menjelaskan, Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada seluruh gubernur bahwa agenda berkemah di titik nol IKN Nusantara akan ada acara syukuran termasuk melakukan ritual adat istiadat.

Presiden Jokowi beserta para menteri ketika meninjau titik nol IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Akhir Desember 2019 lalu. Foto: Dokumentasi Arditya Abdul Aziz/JPNN.

“Di atas lokasi pembangunan Istana Negara itu, akan ada kendi besar dari tembaga.  Seluruh gubernur di Indonesia kemudian diminta untuk menaruh tanah dan air yang dibawa ke wadah bernama Kendi Nusantara secara bergiliran. Airnya 1 liter dan tanah sekitar 2 kilogram. Nanti disatukan ke dalam kendi besar. Kendi Nusantara, namanya,”ucap Biro Administrasi Pimpinan Setda Kaltim Syafranuddin saat dikonfirmasi JPNN.com, Jumat (11/3) malam. Juru Bicara Gubernur Kaltim itu menjelaskan, agenda mengisi tanah dan air ke dalam Kendi Nusantara menjadi bagian ritual adat yang digelar pada Senin (14/3).

Baca Juga  Gubernur Laiskodat Motivasi Siswa SMA di SoE, Harus Berani Terjun ke Lapangan

Presiden Jokowi rencananya berkunjung ke IKN Nusantara selama tiga hari. Tepatnya pada 13 hingga 15 Maret. Setelah menggelar acara syukuran dan ritual adat, Jokowi menginap di titik nol IKN Nusantara bersama lima gubernur Kalimantan. “Seluruh gubernur di Indonesia akan hadir. Namun, yang ikut berkemah di lokasi IKN Nusantara hanya lima gubernur Kalimantan,”tandas Ivan.

SATUKAN. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Wagub Josef Nae Soi, menyatukan tanah dan air dalam sebuah prosesi adat yang berlangsung di halaman Gedung Sasando, Jumat (11/3). Tabung air dibalut bendera merah putih.
Foto: Istimewa

Gubernur Viktor, Persembahan Flobamorata

Sementara dari NTT dilaporkan, Jumat (11 Maret 2022) Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, menyatukan tanah dan air yang dibawa dari pulau-pulau di NTT untuk nantinya dipersembahkan dalam sebuah seremoni  yang akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo di IKN, di Kalimantan Timur. Adapun tanah yang dibawa adalah tanah pilihan, dari lokasi-lokasi sejarah maupun lokasi yang memiliki nilai history penting bagi sebuah peradaban. Adapun seremoni penyatuan tanah dan air itu dilakukan dalam prosesi adat yang digelar di depan Gedung Sasando, kantor Gubernur NTT di kawasan El Tari, Kupang.

Baca Juga  Rp 16 M Dana DAU/DAK untuk SMA/SMK se-Ngada, Gubernur VBL Pesan Siswa Pahami Potensi Daerah

Tujuh bupati  dipercayakan membawa tanah dan air dari wilayah masing-masing yaitu Bupati Belu Agustinus Taolin, Bupati Sumba Tengah Paulus S.K. Limu dan Bupati Flores Timur Anton Hadjon yang membawa tanah. Bupati yang membawa air adalah Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, Bupati Alor Amon Djobo, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulu dan Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke.

Setelah menerima air dan tanah dari ketujuh Bupati, Gubernur VBL didampingi Wakil Gubernur NTT kemudian menyatukan seluruh tanah dan air tersebut kedalam dua tempayan yang terbuat dari tanah. Tanah dan air yang dibawa oleh ketujuh Bupati merupakan perwakilan dari seluruh pulau yang ada di NTT. Sebelumnya, prosesi pengambilan air dan tanah di wilayah masing-masing dilakukan dalam seremonial adat bersama para tokoh adat di wilayahnya.

Gubernur Viktor saat itu menyatakan, “Hari ini kita melakukan prosesi secara adat dan telah menciptakan sejarah baru dengan menyatukan tanah dan air dari rahim Flobamorata ini untuk seterusnya disatukan dengan tanah dan air dari seluruh pelosok Nusantara untuk menjadikan pembangunan IKN di Kalimantan Timur,”tandas Gubernur VBL sembari berterimakasih kepada ketujuh Bupati dan para tokoh adat yang terlibat dalam prosesi adat tersebut.

Baca Juga  Bobby Lianto Hadir di Sidney, Hadiri Kunjungan Presiden Jokowi Hingga Tandatangan MoU Bangkitkan Ekonomi NTT

“Tanggal 13 Maret nanti saya akan bawa tanah dan air ini ke Kalimantan Timur dan bersama-sama dengan Bapak Presiden dan seluruh Gubernur untuk pembangunan di IKN. Kita doakan agar semuanya berjalan lancar dan kita akan memiliki sebuah ibu kota negara yang baru. Proses pemindahan ini sudah direncanakan jauh sebelumnya yaitu saat Presiden pertama Ir. Soekarno, namun baru di masa Presiden Joko Widodo ini baru bisa terlaksana dengan baik,”sebut VBL, gubernur yang fenomenal itu, juga mengajak seluruh masyarakat NTT untuk berdoa agar tanah dan air yang dibawa dari rahim Flobamorata ini memberikan sumbangsih energi, semangat dan dorongan untuk membangun IKN yang makin cepat dan berhasil. Tanah dan air yang tersisa akan disimpan di Museum Provinsi NTT sebagai bukti bahwa sebagiannya dibawa ke Kalimantan Timur untuk pembangunan IKN dan sisanya menunggu di NTT untuk menjadi satu kesatuan yang utuh demi NKRI. (mcr14/jpnn/DVA/Stenly Boymau)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *