Menu

Mode Gelap
Peneliti: Prabowo Telah Buktikan Kinerja dan Kesetiaan Pada Presiden Harusnya Di Bali, Ternyata B20 Chairwoman Beber Peran Besar Bobby Lianto Perjuangkan Labuan Bajo Pimpinan KPK Sangat Sedih, Harus Tangkap Hakim Agung PLN Miliki Holding Subholding, Strategi Jitu Sambut Masa Depan Kerja Keras KADIN NTT Terbukti, Walikota Darwin Setuju Kerjasama dengan Kota Kupang

Pendidikan · 5 Agu 2022 15:52 WITA ·

Melbourne University Jajaki Kerjasama dengan UNDANA & UCB


 KIRI KE KANAN, Dr. Justin Wejak (Dosen Melbourne University), Mr. George Marantika (Chairman Indonesian-Australia Business Council), Dr. Siswo Pramono (Dubes RI utk Australia), Bobby Lianto M.M., MBA (Ketum KADIN NTT).  Foto: Dok KADIN NTT Perbesar

KIRI KE KANAN, Dr. Justin Wejak (Dosen Melbourne University), Mr. George Marantika (Chairman Indonesian-Australia Business Council), Dr. Siswo Pramono (Dubes RI utk Australia), Bobby Lianto M.M., MBA (Ketum KADIN NTT). Foto: Dok KADIN NTT

MEDIATORKUPANG.COM, KUPANG—Tidak hanya menghadiri roadshow B20 di Australia melainkan di Melbourne, Ketum KADIN NTT Bobby Lianto juga bertemu dan berdiskusi tentang peluang kerjasama dengan Universitas di Australia.

Saat itu Bobby bertemu dengan Dr. Justin L. Wejak, putra Lembata NTT yang adalah Dosen The University of Melboune. Dia adalah pengajar Ethnographic & Indonesian Studies pada Asia Institute Faculty of Arts. Bisa dibayangkan, sudah lebih dari 30 tahun dia tinggal di Australia.

Dan setiap tahun  Dr. Justin mengirim mahasiswanya untuk belajar tentang Indonesia langsung ke Bali. Dan, kali ini melalui kerjasama ini mahasiswanya juga dapat datang belajar bahasa & budaya ke NTT.

Baca Juga  Dua Pekan Jadi Nahkoda, Kota Kupang Mulai Berubah di Tangan George Hadjoh

Dalam diskusi singkat, Dr Justing L. Wejak dari THE University of Melbourne, Australia menyatakan terimakasih karena boleh berkesempatan bertemu kendati cuma sejenak, dengan Ketua KADIN RI, Arsjad Rasjid, dan Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto, serta beberapa tamu VIP lain dari Indonesia dan Australia.

“Perjumpaan itu terjadi secara kebetulan. Saya kebetulan diundang Pak Bobby menghadiri sebuah pertemuan santap malam bersama para tetamu di sebuah restoran di pinggir Sungai Yarra di pusat kota Melbourne, kota domisili saya sejak 1990. Perjumpaan itu sungguh mengesankan. Saya terkesan dengan keramahtamahan Ketua KADIN RI dan NTT. Keduanya mampu menciptakan suasana penuh keakraban dan keterbukaan berbagi cerita dan informasi tentang pengalaman dan kemungkinan kerjasama antara Indonesia dan mancanegara,”testimoni Dr Justing.  Masih menurutnya, kedua negara bertetangga dekat. Fakta kedekatan geografis itu seyogianya mendorong keduanya untuk senantiasa mengeksplorasi kerjasama berkelanjutan dalam bidang-bidang strategis tertentu.

Baca Juga  SALUT… Alumni Universitas Brawijaya Komit Bangun NTT

Untuk Provinsi NTT, misalnya, niscaya perlu dijalin kerjasama berkelanjutan dengan Australia dalam bidang pertanian dan perkebunan, perikanan dan perternakan, pariwisata, kesehatan  dan pendidikan.

“Australia dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 26 juta jiwa, sementara populasi Indonesia melampaui 270 juta jiwa, tentu membuat Indonesia sangat dibutuhkan Australia. Faktor demografis dan sumber daya alam dan laut Indonesia merupakan daya tarik bagi komunitas-komunitas dunia,”ujarnya.

Dia menyarankan, satu hal mahapenting lain yang perlu diperhatikan Indonesia untuk memikat para investor asing ialah faktor keamanan dan keselamatan dalam negeri. Orang harus merasa aman dan nyaman untuk berinvestasi di negeri kepulauan kita, Indonesia. “Pemerintahan Jokowi, juga para gubernur di provinsi-provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi NTT di bawah kendali Viktor Bungtilu Laiskodat, cukup memperhatikan hal ini,”ujarnya. (BOY)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Rektor Harun Natonis Beri Motivasi Pada Penutupan Camp Pemuda Klasis ATU

5 September 2022 - 09:59 WITA

Daud Saleh Ludji dan David Natun Pimpin MUKI NTT, Gubernur Tekankan Semangat Kolaborasi

27 Agustus 2022 - 00:03 WITA

SMAN 7 Kupang Persiapkan Siswa dan Guru Pahami Jurnalis Sekolah

19 Agustus 2022 - 13:21 WITA

Undana Gelar Diksar Menwa,  Rektor dan Danmen Mahadana Pesan Jadilah Mahasiswa Berkarakter

19 Juli 2022 - 00:33 WITA

Rektor Undana Lantik Lima Pejabat Penting, Dr. Jefri S. Bale,.ST,.M.Eng dapat Tugas Baru

29 Juni 2022 - 22:26 WITA

UMM Tawarkan Kerjasama Pemanfaatan Riset EBT, Pemprov Welcome

15 Juni 2022 - 23:16 WITA

Trending di Pendidikan