Jawab Tantangan Forum Rektor Indonesia: UKSW Komitmen Tingkatkan Inovasi

INFO UKSW132 Dilihat

Surabaya (MEDIATOR)–Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., mengikuti acara Pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Senin (15/01/2024).

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo membuka secara langsung acara tersebut, ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir dalam acara ini adalah Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc., Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, S.E.

Rektor UKSW mengikuti acara Pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di UNESA, Senin (15-01-2024).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Peran strategis perguruan tinggi

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyebut perguruan tinggi mempunyai peran yang strategis untuk menciptakan SDM (sumber daya manusia-red) yang berkualitas, SDM yang kuat fisik, mental dan moralnya, serta inovatif. Di sisi lain, perguruan tinggi juga mempunyai tugas sebagai lembaga riset dan melakukan inovasi untuk memecahkan persoalan di bangsa ini.

Baca Juga  Puluhan Mahasiswa Fakultas Hukum UKSW Ikuti Diseminasi Tugas Talenta Unggul 2

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi juga mengajak para rektor dan perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi dan bersinergi untuk menghasilkan solusi-solusi bagi kemajuan bangsa.

Rektor UKSW (Pertama, kiri) mengikuti acara Pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di UNESA, Senin (15-01-2024). 
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Dalam acara ini, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, S.E., menyampaikan paparannya tentang arah kebijakan negara dalam konteks investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan. Turut hadir pula Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng.

Riset yang berdampak

Menjawab tantangan dari Presiden Joko Widodo, Rektor Intiyas menyampaikan bahwa salah satu visi UKSW adalah menjadi entrepreneurship research university. Dalam hal ini, ditekankannya bahwa hasil riset kolaborasi mahasiswa dan dosen harus bisa berdampak bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

Baca Juga  UKSW Berkilau di Kancah Internasional, 4 Mahasiswa Sebagai Awardee IISMA 2024, Rektor Apresiasi

“UKSW akan memasukkan tema riset nasional yang selaras dengan kebutuhan bangsa. Kita sudah memiliki konsorsium fakultas yang bisa menghasilkan riset dan inovasi,” tegas Rektor Intiyas.

Lebih lanjut disampaikannya, UKSW dengan kurikulum talenta unggul membuka lebar kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi melakukan riset dan juga berkreasi yang sifatnya tidak hanya ilmiah. Kolaborasi ini juga dapat dilakukan untuk menciptakan sebuah produk yang menjawab kebutuhan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

Rektor UKSW saat berdiskusi dalam Komisi A Forum Rektor Indonesia, Senin (15012024).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

“Kita sedang merancang fakultas untuk memiliki life laboratory seperti desa atau daerah tertentu yang memiliki permasalahan atau kebutuhan spesifik. Disitulah konsorsium fakultas bisa melakukan riset sistematis dan mendapatkan solusi secara bertahap,” imbuh Rektor Intiyas.

Baca Juga  Siswa SMP Kristen Satya Wacana Berhasil Meraih Juara pada Kompetisi Tingkat Nasional

Forum Rektor Indonesia tahun ini diselenggarakan di UNESA sampai Selasa (16/01/2024) dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan SDM Unggul, Inovatif, dan Adaptif Menuju Indonesia Emas 2045”. Tercatat sekitar 700 rektor dari perguruan tinggi negeri dan swasta mengikuti kegiatan ini. Dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, pertemuan kali ini memiliki beberapa agenda, antara lain Pelantikan Ketua FRI Periode 2023-2024 oleh Ketua Wantim Periode 2023-2025 dan Serah Terima Jabatan dari Ketua FRI 2022-2023 kepada Ketua FRI Periode 2023-2024. (RLS/HMS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *