Menu

Mode Gelap
Politeknik Negeri Kupang Gelar PPM, Warga Oesapa Barat Dilatih Teknik Pengemasan Produk UMKM Ada Anggur Berkelas, Aneka Produk dan Mahakarya Perempuan Timor di Napan, Desa Binan Bank NTT yang Jadi Etalase RI Gerindra Beri Catatan Kritis ke Polda, Syahbandar dan Basarnas Terkait Tragedi Cantika Express 77 Riwayat Brigjen Iman, Putra Jenderal Edi Sudrajat yang Meninggal karena Serangan Jantung di Kupang Produksi Aneka Rempah Melimpah di Molakoli, Desa Binaan Bank NTT, Mereka Butuh Offtaker

Nuansa NTT · 8 Nov 2022 17:21 WITA ·

Hamamah Horsan, Kepala Desa Perempuan Pertama di Amarasi


 TERPILIH. Hamamah Horsan, Kades pertama perempuan di Desa Tesbatan 1 Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang.  Foto: Geby Natun/Mediatorkupang.com Perbesar

TERPILIH. Hamamah Horsan, Kades pertama perempuan di Desa Tesbatan 1 Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang. Foto: Geby Natun/Mediatorkupang.com

Kupang (MEDIATOR)-Hamamah Horsan, itulah namanya. Dia satu-satunya perempuan yang terpilih pada Pemilihan Kepala Desa serentak ke-II di Kabupaten Kupang, Senin (7/11).  Saat itu ada 74 desa dari 21 kecamatan yang menggelar proses demokrasi ini. Dan, warga Desa Tesbatan 1 lebih memilih Hamamah dibanding calon lainnya.

Saat itu di Desa Tesbatan 1 terdapat empat calon kepala desa, yang mana dua calonnya adalah kandidat perempuan sedangkan dua lainnya kandidat laki-laki. Urut-urutan mereka yakni Hamama Horsan (nomor urut 1), Justus Denny Masneno (nomor urut 2), Murita Abineno (nomor urut 3), Yonathan Fina (nomor urut 4). Pemilihan berlangsung dari pukul 08.00- 13 00 WITA, diberi tambahan waktu sampai pukul 14.00 dan dilanjutkan dengan perhitungan surat suara.

Baca Juga  Menhan Prabowo Terima Empat Bintang Kehormatan dari TNI

Pesta demokrasi tingkat desa di Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang ini diikuti pemilih yang terdata sebanyak 1.064 orang sesuai Daftar Pemilih Tetap dan saat itu surat suara yang terpakai 917 kertas suara, sedangkan 148 surat suara lainnya terbakar atau tidak sah. Saat itu Hamamah berhasil meraup 265 suara.

Sat itu, dalam suasana hati yang gembira, kepada media ini Hamamah berterimakasih kepada semua yang sudah berkontribusi pada perubahan di Tesbatan 1 mulai dari pendaftaran, kampanye sampai pada pemilihan. “Terimakasih kepada BPD, pemerintah desa, panitia pelaksana pemilihan yang bekerja maksimal untuk mensukseskan proses pemilihan ini dengan baik, tentu jerih lelah bapa mama semua Tuhan limpahkan berkat,”tegasnya.

Baca Juga  Masyarakat Sekitar PLTP Mataloko Diberdayakan PLN Jadi Pengrajin Genteng

Baginya ini adalah awal dari sebuah perjuangan karena itu dengan semangat persaudaraan, dia mengajak semua pihak untuk membangun  desa mereka.

“Perlu diketahui,  Tesbatan ditetapkan sebagai Desa Pancasila, masyarakatnya yang majemuk, maka toleransi antar kita adik kakak tidak boleh putus disini. Berharap bahwa maju dan mandiri adalah cita-cita kita bersama dan potensi kita banyak bagaimana kita bersama kelola serta mengembangkannya untuk mandiri,”tegas Hamamah yang terus berharap dukungan semua pihak agar dia dapat mengemban tanggungjawab ini selama enam tahun. (GEB/BOY)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 955 kali

Baca Lainnya

Mimpi Besar Bobby Lianto Saat Panen Padi di Wetana, Tanah Terberkati di Sumba Barat

26 November 2022 - 17:38 WITA

Para Kepala Daerah di NTT Diminta Belajar dari Kerja Keras Bupati Sumba Barat Daya

22 Oktober 2022 - 12:09 WITA

VBL Sang Sulung Selatan, Bicara Tentang Budaya di Panggung Sakral Pemakaman Maramba Sumba

9 Oktober 2022 - 13:55 WITA

TJPS Jadi Program Unggulan, Pemprov NTT Eksekusi Lebih Awal Sambut Periode Okmar

27 September 2022 - 23:09 WITA

Leonard Antonius Pimpin Federasi Barongsai NTT, Anastasia Foe Jabat Ketua Perwanti

27 September 2022 - 14:27 WITA

Hengky Lianto Melaju ke Periode Dua Pimpin PSMTI NTT, Ini Struktur Pengurusnya

27 September 2022 - 13:21 WITA

Trending di Nuansa NTT