Siswa SMP Kristen Satya Wacana Kantongi 3 Medali pada Olimpiade Sains Siswa Nasional 2024

INFO UKSW82 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Di tengah kesibukan keseharian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Satya Wacana, tak menghalangi para siswanya untuk terus melebarkan sayap mereka dengan torehan prestasi. Masayu Amanta salah satunya, seorang siswa kelas IX B berhasil menorehkan jejak prestasi di kancah nasional, belum lama ini.

Sayu sapaan akrabnya, berhasil membawa pulang 1 medali emas dan 2 medali perak dengan meraih Juara 1 bidang Bahasa Inggris, Juara 2 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Juara 2 bidang Matematika pada Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSAN) 2024.

Saat diwawancarai secara daring, Senin (08/04/2024) Sayu mengaku bahagia dan bersyukur atas prestasi yang diterimanya. “Saya sangat senang atas capaian ini dan akan berusaha memaksimalkan diri untuk kompetisi yang akan datang,”katanya.

Baca Juga  Dari Jepara ke Puncak Akademis: Prof. Dr. Agus Sugiarto Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UKSW

Pemilik hobi membaca komik ini menceritakan persiapan yang dilakukannya untuk mengikuti olimpiade yaitu dengan belajar secara mandiri di rumah. “Persiapan yang saya lakukan adalah belajar secara mandiri dengan durasi waktu belajar sebanyak 3 jam,” jelas putri sulung dari pasangan Yulison Tri Gunawan dan Fenny Masrina ini.

Mengikuti olimpiade sains bukanlah hal yang asing bagi Sayu. Tak hanya pada tingkat nasional, ia juga berhasil mencatat prestasi pada olimpiade sains di tingkat internasional yaitu meraih medali safir bidang IPA pada Japan International Science and Math Olimpiade (JISMO) 2018.

Selain itu, sejumlah prestasi telah diraihnya antara lain Juara 1 bidang Bahasa Inggris dan Juara 3 bidang IPA pada Olimpiade Siswa Indonesia (OSI) 2024 dan Juara 1 bidang Bahasa Inggris pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2024.

Baca Juga  UKSW Tampilkan Tiga Kelompok Etnis, Meriahkan Festival Merdeka Belajar 2024  

Tak berhenti sampai disitu, prestasi lainnya yaitu Juara 1 bidang Bahasa Inggris pada OSSAN 2023, Juara 1 bidang Bahasa Inggris dan Juara 2 bidang IPA pada Kompetisi Sains Indonesia Merdeka (KOSMIK) 2023, Juara 1 bidang Bahasa Inggris pada Indonesia Student Science Competition (ISSC) 2023.

Semangat Berprestasi  

Tak hanya Masayu Amanta, Rania Sasikirana siswa kelas IX C ini juga berhasil mendapatkan Piala Juara 3 pada D’Emmerick Easter Singing Competition Tingkat Kota Salatiga. “Saya sangat senang dan bersyukur dengan kemenangan ini. Melalui kompetisi ini dapat menambah skill bernyanyi saya,” kata Rania saat disinggung mengenai perasaanya.

Prestasi tersebut mendapatkan apresiasi dari Pimpinan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Saat Ibadah Senin belum lama ini, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., mengumumkan raihan prestasi tersebut di hadapan seluruh civitas academica UKSW.

Baca Juga  JAMFIELD 2024: Pesona Kreativitas Dance Memukau Anak Muda Bersama FEB UKSW

Pada kesempatan yang sama, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada siswa yang telah berprestasi tersebut. “Kami bangga atas prestasi yang sudah diberikan kepada UKSW, kiranya Tuhan memberkati semua karya dan prestasi yang sudah kalian peroleh,” imbuhnya.

Di samping itu, Patrick Michael Rahardja, S.Si., Kepala Sekolah SMP Kristen Satya Wacana juga menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh siswanya. Ia berpesan agar siswa terus menjaga semangat untuk berprestasi. “Semangat adalah modal utama untuk meraih prestasi, karena dengan semangat maka motivasi untuk bergerak akan muncul,” imbuhnya. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *