Rektor UKSW Pimpin Seremoni Rayakan Hari Kartini, Wanita adalah Inspirasi dan Teladan dalam Merawat Bumi

INFO UKSW52 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024 dan Hari Bumi yang diperingati pada 22 April 2024, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan serangkaian kegiatan yang menggabungkan semangat emansipasi dan pelestarian alam, Senin (22/04/2024).

Kegiatan ini dihelat dengan penuh warna dan pesan mendalam melalui arak-arakan yang dimulai dari Balairung Universitas oleh civitas academica UKSW. Kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman bunga dan tanaman oleh sepuluh perempuan inspiratif yang menjadi perwakilan di lingkungan UKSW.

Arak-arakan diikuti oleh ratusan peserta mulai Rektor serta pimpinan universitas dan direktorat, dosen, staf, mahasiswa, serta guru dan siswa Sekolah Kristen Satya Wacana dengan membawa pesan pentingnya peran perempuan dan urgensi menjaga bumi.

Baca Juga  Menuju Indonesia Emas, FEB UKSW Gelar Studium Generale Bersama Wamen Desa PDTT

Barisan arak-arakan ini diawali oleh Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Papua Barat (HIMPAR) yang memeriahkan jalannya acara dengan memainkan musik tradisional. Tampak peserta arak-arakan mengenakan kebaya dan pakaian adat lainnya, serta aksesoris etnis.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si. Ak., menyerahkan bunga kepada perwakilan perempuan di UKSW.
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Puncak acara ditandai dengan penyerahan Anggrek dan tanaman lainnya seperti Cendana Bali, Bungur dan Ketapang Biola oleh Direktur Direktorat Keamanan, Ketertiban dan Data Siber D2KDS, Dr. Teguh Wahyono, S.Kom., M.Cs., kepada Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si. Ak. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan tanaman dari Rektor Intiyas kepada 10 perwakilan perempuan di UKSW.

Dalam kesempatan ini, Rektor Intiyas turut melakukan penanaman dan penyiraman salah satu Anggrek yang ditanam di sekitar Lapangan Sepak Bola UKSW. Selain itu, ia juga melakukan penanaman pohon Cendana Bali. Rektor Intiyas menjelaskan bahwa tanaman Anggrek dipilih sebagai simbol keanggunan dan keindahan, sedangkan Cendana Bali dipilih karena sifatnya yang mengharumkan.

Baca Juga  Diseminasi Tugas Talenta Unggul FEB UKSW, Gantikan Sidang Akhir dengan Sajian Kreativitas Mahasiswa

Rektor Intiyas menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan refleksi dari komitmen UKSW untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan dan pelestarian lingkungan. Ia menyebut bahwa wanita adalah inspirasi dan teladan dalam merawat bumi.

“UKSW sebagai kampus Indonesia Mini hadir untuk menjadi bagian penting menjaga bumi pertiwi Indonesia. Kita memiliki komitmen untuk merawat bumi dengan sepenuh hati dengan tulus seperti kasih ibu kepada anak-anaknya. Selamat hari Kartini, perempuan Indonesia,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada perempuan di UKSW untuk selalu “eling lan waspodo” (ingat dan waspada). Ia mengajak perempuan itu selalu mengingat hakekat dan kodrat seorang wanita, dan juga waspada dengan menempatkan diri di manapun berada.

Baca Juga  Ragam Inovasi Suguhan UKSW di Festival dan Pameran Merdeka Belajar 2024

Dengan kegiatan ini, UKSW tidak hanya mengingatkan tentang pentingnya peran Kartini dalam perjuangan emansipasi perempuan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

Peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi yang dilakukan UKSW dengan penanaman bunga dan tanaman lainnya, Senin (22-04-2024).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Selain itu, wujud komitmen UKSW untuk melanjutkan impian Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan gender, dibuktikan dengan adanya Pusat Studi Gender dan Anak di UKSW serta implementasi dalam peningkatan peran perempuan dalam kehidupan sehari-hari di UKSW. UKSW juga memiliki Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) yang mencerminkan bahwa UKSW merupakan kampus yang aman bagi perempuan. (RLS/HUMAS UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *