Mengarungi Sejarah Air di Forum Air Sedunia: Menyelami Warisan Indonesia

INFO UKSW35 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)--Dalam rangkaian acara Forum Air Sedunia yang dihelat di Bali, Indonesia, sebuah pameran kolaboratif dengan tajuk “Freshwater Challenges Through Ages: An Insight Into Indonesian Heritage” digelar di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Kolaborasi istimewa ini melibatkan berbagai institusi terkemuka, termasuk Institut Français Indonésie, Museum National d’Histoire Naturelle (MNHN), UKSW, Universitas Gadjah Mada, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta International Union of Prehistoric and Protohistoric Sciences (UISPP).

Pameran ini tidak hanya menampilkan kekayaan warisan alam Indonesia, tetapi juga menyoroti tantangan krusial yang dihadapi sumber daya air di masa kini. Pameran ini diadakan serempak di beberapa lokasi.

Baca Juga  Jadi Kompetisi yang Selalu Dinantikan Siswa SMA, FBS UKSW Sukses Gelar EMCD 2024

Di Institut Français Indonesia (IFI) Thamrin, pameran berlangsung di lobi dan terbuka untuk umum hingga 31 Mei 2024. Di UKSW, acara diselenggarakan di selasar Perpustakaan O. Notohamidjojo dari 15 hingga 31 Mei 2024. Sementara itu, di Bali, pameran akan ditampilkan di Paviliun Indonesia dalam World Water Forum dari tanggal 18 hingga 25 Mei 2024.

Pameran ini menghadirkan gambaran menyeluruh dari beberapa situs penting di Indonesia yang terkait dengan program konservasi United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Koordinator pameran dari Pusat Studi Pembangunan Berkelanjutan UKSW Yesaya Sandang, S.H., M. Hum, Ph.D., menyatakan bahwa pameran ini merupakan undangan untuk menjelajahi, bertanya, dan belajar.

Baca Juga  2024 Jadi Tahun Prestasi UKSW, Panen Lagi Dua Guru Besar

“Kami mengundang mahasiswa dan masyarakat umum untuk terbenam dalam nilai universal air, untuk mempesona keindahannya, dan merenungkan misterinya. Dengan melakukannya, kita tidak hanya membuka rahasia masa lalu, tetapi juga janji masa depan. Sebuah masa depan di mana air menjadi cahaya harapan dan ketahanan dalam dunia yang penuh ketidakpastian,”ajaknya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi situs website resmi masing-masing penyelenggara acara. Pameran ini adalah kesempatan langka untuk menyelami lebih dalam tentang pentingnya pelestarian sumber daya air dan menghargai keindahan serta nilai historisnya dalam warisan budaya Indonesia. (RLS/HUMAS-UKSW/BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *