Kemendikbudristekdikti: Voice of Satya Wacana Christian University Menampilkan Kemajemukan

INFO UKSW177 Dilihat

Jakarta (MEDIATOR)– Inspektur Investigasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristekdikti) Dr. Fuad Wiyono, S.H., M.H., tak mampu menyembunyikan rasa kagum dan bangganya pada penampilan Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU). Dia pun memberi apresiasi pada SWCU yang tampil dalam acara Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Forum Kerukunan Umat Kristiani (FKUK) Korpri Kemendikbudristek, Jumat petang (12/01/2024).

“Saya pernah melihat tim paduan suara ini perform di UKSW. Selain punya nama, dalam suasana Natal di Kemendikbudristek ini diharapkan Voice of SWCU dapat menampilkan kemajemukan Indonesia,”katanya saat itu.

Untuk diketahui bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini mengangkat tema “Semangat Natal Menguatkan Kita Menjadi Pembawa Damai Sejahtera Dalam Gerak Bersama Merdeka Belajar”. Acara tersebut digelar di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Lantai 1 Komplek Kemendikbudristek, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat. Paduan Suara dengan moto “Let’s Go Singing and Serving ini membawakan dua lagu “Sing Joy” (Lagu:Tradisional Inggris) dan Halleluja (Karya Georg Friedrich Handel). Dua pujian dalam perayaan Natal ini turut mewarnai sukacita Perayaan Natal.

Baca Juga  Tiga Mahasiswa UKSW Bersinar di Ajang Internasional HEMA Debate Championship 2024

Hadir saat itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., didampingi sang isteri, Franka Franklin, para pejabat Kemendikbudristek, serta tamu undangan lainnya. Turut memeriahkan acara tersebut yakni Kampung Dongeng Indonesia, Paduan Suara SMP 5 Tarakanita, Paduan Suara Wanita GKI Cipinang Indah, artis papan atas Delon Thamrin, Natashia Nikita, serta Evelyn Meisya, Britney Kimberly.

UKSW Tunjukkan Kebhinekaan Indonesia

Masih menurut Fuad Wiyono, UKSW yang dikenal sebagai Kampus Indonesia Mini telah menunjukkan kebhinekaan di Indonesia melalui Voice of SWCU. Hal ini disebabkan, anggota tim tarik suara ini tidak hanya didominasi oleh suku tertentu, melainkan dari berbagai suku di Indonesia.

Baca Juga  Meniti Sukses di UKSW, Dua Mahasiswa yang Rintis Bisnis dan Ciptakan Lapangan Kerja Telah Diwisuda

“Voice of SWCU menggambarkan paduan suara yang bisa blended, bukan hanya suara saja tetapi juga suku-suku dari anggotanya. Dengan ini mereka dapat bersaksi melalui pujian dan membawa kebhinekaan di Indonesia di kancah nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Rektor UKSW berfoto bersama Menteri Nadiem Anwar Makarim, Franka Franklin dan para pejabat dalam Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 FKUK Korpri Kemendikbudristek, Jumat (12-01-2024).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Ditemui di sela acara, Manajer Voice of Voice of SWCU Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., mengungkapkan rasa syukur dan bahagia Voice of SWCU mendapat kesempatan emas untuk tampil dalam acara yang digelar Kemendikbudristek ini. Tim yang dikomandaninya ini membawa 33 penyanyi, 2 konduktor, dan 1 pendamping.

Ia menuturkan bahwa terpilihnya Voice of SWCU ini menjadi kesempatan untuk mengenalkan Voice of SWCU. Paduan suara yang notabene berasal dari sebuah universitas di kota kecil, Salatiga yang dikenal sebagai Indonesia Mini karena civitas academica-nya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga  Lagi, Dua Mahasiswa UKSW Ukir Prestasi di Level Internasional, Rektor Intiyas: TERBAIK

Persiapan tim paduan suara yang belum lama ini menyabet 2 Gold Medal pada 2 kategori dalam Ajang 19th Busan Choral Festival & Competition 2023 di Busan, Korea Selatan ini dilakukan selama 2 minggu. Dengan ketekunan dan semangat untuk memberikan penampilan yang terbaik, tim tarik suara ini berhasil melantunkan pujian yang memukau.

Ditambahkan Juanita Theresia Adimurti, diharapkan Voice of SWCU akan semakin dikenal oleh banyak orang dan menjadi berkat dengan bernyanyi. Voice of SWCU akan terus melaju dengan menargetkan untuk dapat mengikuti kompetisi tingkat nasional maupun internasional. (RLS/KHS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *