BANGGA…Menteri Tenaga Kerja RI Kenakan Setelan Bercorak Tenunan Amanuban, TTS

Nuansa NTT50 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Jakarta

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah, dalam sebuah penampilannya, mengenakan setelan yang bermotif kain tenun asal Amanuban, Kabupten TTS. Ini bukan baru sekali melainkan sejumlah pejabat negara, kerab mengenakan setelan bermotif tenunan khas Provinsi NTT.

Dilansir oleh JPNN.com, Menaker Ida Fauziyah mengenakan setelan ‘futus’ asal TTS ini saat menjelaskan perihal latar belakang dibuat dan disahkannya Permenaker Nomor 2 Tahun 2022, saat menjadi narasumber pada program Satu Meja Kompas TV, Rabu (16/2/2022).

Diabadikan oleh Humas Kemnaker, tidak ada keterangan apa-apa mengenai alasan dikenakannya setelan bermotif tenunan ini. Namun yang pasti, ini sudah sangat membanggakan masyarakat Kabupaten TTS dan NTT umumnya, karena merupakan penghargaan kepada hasil karya leluhur yang terus diwariskan hingga kini.

Baca Juga  Suku Rote Thie

Asal tahu saja, motif ini dihasilkan melalui sebuah proses yang sulit. Karena harus diikat secara teliti motifnya, lalu dicelup dalam ramuan yang dimasak berjam-jam hingga keluar warna alaminya. Oleh kebanyakan penenun tradisional, mereka menggunakan daun tanaman tarum yang tumbuh liar di hutan. Daun ini ketika dimasak, menghasilkan warna gelap. Untuk menghasilkan satu lembar kain tenun membutuhkan waktu sebulan, karena warga tidak fokus, pasalnya mereka pun berperan sebagai ibu rumah tangga dan pekerja kebun. (mrk/JPNN/MSC01)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Makasih ibu Mentri buat penghargaannya kepada kami orang Antoni Amanuban TTS Prov. NTT, tetapi Permen yg disahkan sangat tidak manusiawi oleh karena tenaga kerja yg berhenti dari perusahaan tertentu sekalipun masih muda akan tetapi yang bersangkutan tidak bisa mencairkan BPJS tenaga kerja nya samapai berumur sebagaimana ditetapkan permen.