Tiga Mahasiswa UKSW Bersinar di Ajang Internasional HEMA Debate Championship 2024

INFO UKSW67 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Tiga mahasiswa dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil meraih kemenangan gemilang dalam ajang debat internasional HEMA Debate Championship 2024, belum lama ini.  Meskipun berlangsung secara daring, gelar juara ini tidak diragukan sebagai prestasi yang membanggakan UKSW.

HEMA Debate Championship 2024 yang diadakan oleh Hema Future Foundation, organisasi non-profit berbasis di Vietnam menampilkan persaingan ketat dalam format British Parliamentary Style. Dengan 57 peserta dari berbagai belahan dunia, termasuk Vietnam, Korea, Indonesia, Filipina, dan Afrika, UKSW berhasil menunjukkan keunggulannya di kancah internasional.

Tim Rocket UKSW berhasil menempatkan diri di peringkat ke-7 dari 23 tim peserta dan berhasil mencapai babak semifinal. Tim ini terdiri dari dua mahasiswa, yaitu Thomas Fandres Sihasale dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) serta Gading Umbaran Gone Santosa dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI). Keberhasilan mereka tidak lepas dari dedikasi dan persiapan matang dari Kelompok Bakat Minat (KBM) yang mereka ikuti yaitu Satya Wacana Debating Forum (SWDF).

Baca Juga  Lahirkan Pebisnis Muda, Kelompok Bravethon Siap Wakili UKSW di Ajang Regional Summit Hult Prize

Saat diwawancarai Jumat (12/04/2024), Thomas Fandres Sihasale membeberkan bahwa kunci keberhasilan timnya adalah kemampuan berpikir kritis dan analitis, serta tekad untuk terus belajar dan berkembang. Thomas mengaku bahwa persiapan dirinya untuk kompetisi tersebut dilakukan dengan latihan intensif bersama coach, assistant coach, debaters dan adjudicators yang tergabung dalam SWDF.

Lebih lanjut, Thomas mengungkapkan bahwa kompetisi debat telah mengubahnya secara pribadi menjadi lebih percaya diri. “Keterlibatan saya dalam dunia debat sangat berdampak positif terhadap performa akademik saya. Khususnya dalam hal pemecahan masalah yang membutuhkan proses analisis yang tepat,” terang peraih Novice Grand Finalist dalam Kalimantan Open Debate (KODE) 2023 dan Open Semi Finalist dalam Universitas Ciputra Debate Competition (UCDC) International 2024 ini.

Tingkatkan Kemampuan Diri

Prestasi individu juga menghiasi kemenangan tersebut. Gading Umbaran Gone Santosa juga mendapatkan penghargaan sebagai pembicara terbaik ke-8 dari total 46 peserta. Tidak kalah bersinar, Alyssa Berliana Putri, mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Psikologi, meraih gelar Breaking Independent Adjudicator dan Best Independent Adjudicator dalam ajang yang sama.

Baca Juga  Yudisium DM FEB UKSW: Lio Bijumes Memajukan Kearifan Lokal dalam Tata Kelola Pemerintahan

Melalui refleksi atas kompetisi tersebut, Gading menegaskan pentingnya meningkatkan kemampuan diri untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. “Ke depan, kami akan terus berusaha untuk masuk sampai tahap grand-finalist dan memenangkan prestasi tertinggi dalam kompetisi demi UKSW,” ungkap mahasiswa yang mempunyai moto “do our best” dalam setiap performanya dalam lomba debat ini.

Sementara itu, Alyssa Berliana Putri menceritakan pengalamannya menjadi juri dalam kompetisi tersebut. Alyssa mengungkapkan bahwa keterlibatannya dalam perlombaan debat dapat membuka pandangan baru tentang pentingnya netralitas dan ketepatan dalam menentukan keputusan.

Ia mengisahkan bahwa tantangan terbesar menjadi juri adalah menentukan pilihan yang benar agar keputusan yang diambil adil untuk semua tim pendebat.

“Cara saya adalah dengan fokus 100% pada pertandingan dan menggunakan waktu deliberasi sebaik mungkin,”ujar mahasiswa yang lolos dalam program International Indonesian Student Mobility Awards (IISMA) 2024 dan akan berangkat studi di Pennsylvania State University, Amerika Serikat bulan Agustus mendatang ini.

Baca Juga  Dendang 'Do'a Ibu' Memantik Haru, Ada Ikrar Satu Hati dari Rektor dan Mahasiswa UKSW

Raihan prestasi tersebut diapresiasi positif oleh pimpinan UKSW. Saat Ibadah Senin belum lama ini, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., mengumumkan capaian prestasi di hadapan seluruh civitas academica UKSW.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa yang berprestasi tersebut karena telah membawa nama baik UKSW.

Prestasi UKSW dalam HEMA Debate Championship 2024 adalah bukti nyata bahwa mereka telah mengukir namanya sebagai kekuatan yang patut diperhitungkan dalam dunia debat internasional. Lebih dari sekadar sebuah kemenangan, ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk mengejar impian dan membuktikan bahwa dengan latihan yang konsisten dan semangat yang tinggi, prestasi gemilang dapat diraih. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *