Menu

Mode Gelap
Politeknik Negeri Kupang Gelar PPM, Warga Oesapa Barat Dilatih Teknik Pengemasan Produk UMKM Ada Anggur Berkelas, Aneka Produk dan Mahakarya Perempuan Timor di Napan, Desa Binan Bank NTT yang Jadi Etalase RI Gerindra Beri Catatan Kritis ke Polda, Syahbandar dan Basarnas Terkait Tragedi Cantika Express 77 Riwayat Brigjen Iman, Putra Jenderal Edi Sudrajat yang Meninggal karena Serangan Jantung di Kupang Produksi Aneka Rempah Melimpah di Molakoli, Desa Binaan Bank NTT, Mereka Butuh Offtaker

Pendidikan · 24 Nov 2022 21:50 WITA ·

Politeknik Negeri Kupang Gelar PPM, Warga Oesapa Barat Dilatih Teknik Pengemasan Produk UMKM


 PENGABDIAN.Tim dari Program Study Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Politeknik Negeri Kupang, saat melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.  Foto: Dokumentasi PNK Perbesar

PENGABDIAN.Tim dari Program Study Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Politeknik Negeri Kupang, saat melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Foto: Dokumentasi PNK

Kupang (MEDIATOR)—Program Study Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Politeknik Negeri Kupang, melaksanakan satu dari Tri Dharma perguruan tinggi, yakni Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Kali ini, mereka menjadikan Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang sebagai lokasi pengabdian dengan melibatkan masyarakat setempat. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan workshop serta bantuan teknis peralatan dalam mendukung masyarakat pesisir wilayah Kelurahan Oesapa Barat.

Sementara, thema PPM yang dipimpin oleh Lita Alfriany Ndoloe, S.Kom.,M.Kom selaku Ketua Pengabdian Pada Masyarakat Prodi TKJ tahun 2022 ini yakni pelatihan teknik pengemasan produk UMKM untuk peningkatan penjualan bagi warga sekitar Taman Muara Abu Kelurahan Oesapa Barat, Kota Kupang.

Kegiatan yang dilangsungkan di kantor Lurah Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang,  22 November 2022 ini diikuti penuh antusias oleh warga. Disinilah masyarakat dilatih secara gratis mengenai strategi pemasaran produk, mulai dari packaging, branding, dan advertisement produk lokal.

Baca Juga  Jokowi: Xi Jinping dan Putin Akan Hadir di KTT G20 Bali
SEMANGAT. Tim civitas akademika Politeknik Negeri Kupang, bersama Lurah Oesapa Barat, Christian E. Chandra (tengah) di sela-sela seremoni pembukaan pelatihan.
Foto: Dokumentasi PNK

Terpantau, Lurah Oesapa Barat, Christian E. Chandra, SH, hadir dan mendukung kegiatan tersebut. Hadir pula Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Kupang, Dr. Deddy B. Lasfeto, ST.,MT., Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Jandri Delastriani Manafe, S.Sos.,MM, dan Sekretaris Jurusan Teknik Elektro, Indra Panggalo, MT.

Lurah Christian Chandra dalam  sambutannya memberi apresisasi yang tinggi kepada segenap tim pengabdian masyarakat yang hadir. Diakui bahwa Kelurahan Oesapa Barat yang memiliki jumlah penduduk sekira 14 ribu jiwa ini sangat kaya akan potensi wisata. Pasalnya, wilayah mereka memiliki laut dan hutan Mangrove yang elok.

“Kami memiliki pantai yang bagus, karena itu kami bersyukur hari ini masyarakat kami boleh mendapatkan pelatihan secara gratis tentang bagaimana meningkatkan nilai tawar daerah pesisir Muara Abu, Oesapa Barat,”tegas sosok yang kerab disapa Eko itu. Masih menurut lurah yang beberapa kali membawa kelurahannya merah juara pada kompetisi kelurahan bersih di Kota Kupang itu, dia berterimakasih kepada Politeknik Negeri Kupang khususnya tenaga dosen yang sudah memilih kelurahan mereka sebagai lokasi pengabdian.

Baca Juga  Senandung Cinta di ‘Share The Love’ Alumni 88 Smansa Kupang, Mantan Guru: Angkatan yang Luar Biasa

Dr. Deddy B. Lasfeto, ST.,MT atas nama Politeknik Negeri Kupang saat itu menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Kegiatan ini dapat melahirkan ide-ide baru bagi penelitian dan pengabdian civitas akademika Politeknik Negeri Kupang,”tambahnya serius.

ARAHAN. Lita Alfriany Ndoloe, S.Kom.,M.Kom selaku Ketua Pengabdian Pada Masyarakat Prodi TKJ tahun 2022 saat memberi arahan dalam proses pelatihan.
Foto: Dokumentasi PNK

Sementara, tim yang dipimpin oleh Lita Alfriany Ndoloe, S.Kom.,M.Kom ini nampak serius memberikan pelatihan secara langsung kepada masyarakat tentang teknik pengemasan produk UMKM.  Yang membanggakan adalah, tak hanya ilmu melainkan warga pun mendapatkan beberapa unit kios semi permanen dari Jurusan Administrasi Bisnis PNK. Sementara Prody TKJ juga menyerahkan bantuan berupa cup seller serta alat bantu kemasan produk hygienis.“Kami harap kegiatan ini memberikan dampak positif kepada pelaku usaha kecil di wilayah pesisir Oesapa Barat, karena memiliki potensi wisata yang cukup baik,”tegas Lita Alfriany Ndoloe. (IST/BOY)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

UKAW Kupang Berbagi, Gandeng Masyarakat dan Siswa SMP Raknamo Gelar Aneka Kegiatan

28 November 2022 - 22:21 WITA

Esthon dan Harun, Kolaborasi Dua Tokoh Bangun Potensi Olah Vokal dan Musik di NTT

26 November 2022 - 16:56 WITA

Universitas Karya Darma Lepas 37 Wisudawan, Komitmen Mereka Sungguh Mulia

30 September 2022 - 22:48 WITA

TEGAS.. Undana Tanggapi Dugaan Mark Up Harga Hologram Bagi Calon Wisudawan

30 September 2022 - 08:50 WITA

SMKN 7 Kupang Gandeng READI, Bekali Siswa Pengetahuan dan Semangat Perubahan

28 September 2022 - 22:44 WITA

Rektor Harun Natonis Beri Motivasi Pada Penutupan Camp Pemuda Klasis ATU

5 September 2022 - 09:59 WITA

Trending di Pendidikan