Pelantikan Wabup Ende Sah Sesuai Regulasi

Polkam62 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Kupang

Pro kontra terkait jadi tidaknya pelantikan Wakil Bupati Ende, telah berakhir dengan dilantiknya Erikos Emanuel Rede oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) di Aula Rumah Jabatan Gubernur pada Kamis (27/1) malam tadi. Pelantikan dimaksud sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 132.53-67 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui, pelaksanaan pelantikan Wakil Bupati Ende memenuhi standar prosedur pelantikan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

Baca Juga  Presiden Menanti Para Gubernur di IKN untuk Prosesi Adat, VBL Bawa Bukti Cinta Persembahan Flobamorata

Acara pelantikan diawali dengan Pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT Alexander Doris Rihi. Diikuti dengan Pengucapan janji jabatan dengan dipandu oleh Gubernur NTT.

Dilanjutkan dengan Pengukuhan oleh rohaniawan Pater Dr. Eduardus Dosi, SVD, M.Si. Kemudian dilakukan penandatanganan berita acara janji jabatan berturut-turut oleh Wakil Bupati Ende dan Gubernur Nusa Tenggara Timur. Serta dilakukan Pemasangan Tanda Pangkat Jabatan, Penyematan Tanda Jabatan, dan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Gubernur NTT.

Kemudian selanjutnya penandatanganan naskah pelantikan oleh Gubernur NTT, penandatanganan pakta integritas berturut-turut oleh Wakil Bupati Ende dan Gubernur NTT. Acara diakhiri dengan foto bersama Gubernur NTT bersama Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Ende didampingi istri. (***/MSC01)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *