Musprov KADIN NTT Memanas, 4 Caketum Deklarasi, Hidayat Hanas: Sesama Mafia Harus Bersatu

Ekonomi64 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Kupang

Musyawarah Provinsi Asosiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi NTT akan dilaksanakan di Aston Hotel Kupang, 20 Desember mendatang. Namun jelang hari H pelaksanaan Musprov, tensi politik di organisasi yang mewadahi para pengusaha ini sudah sangat panas.

Jika pada 27 November lalu bertempat di Subasuka Resto, Bobby Lianto mendeklarasikan dirinya sebagai calon ketua umum, maka Minggu (5/12/2021) petang, empat orang senior KADIN NTT, mendeklarasikan diri ikut bertarung.

Uniknya, keempat tokoh senior ini duduk satu meja, dan menyatakan maju bersamaan. Dan tak hanya itu, keempatnya mengklaim adanya dukungan dari akar rumput dan memasang target memenangkan pertarungan tersebut. Keempat tokoh itu masing-masing Vivo Ballo, Hidayat Hanas, Christofel Liyanto dan Alex Foenay yang tidak hadir, namun ketiga calon  lainnya memastikan, Alex akan mendaftar sebagai Caketum.

Sejumlah senior KADIN dan organisasi pendukung, ikut hadir. Mereka diantaranya Inyo Anggrek, Rudy Nalle, Boyke Tjoenan, Piter Pitoby dan kader lainnya. Ada juga Ketua APINDO NTT, Freddy Ongkosaputra.

Vivo Ballo mengawali diskusi, berbicara banyak mengenai kondisi KADIN NTT saat ini yang menurutnya mati suri. Program-program KADIN NTT tidak berjalan semestinya. Tak hanya itu, organisasi ini pun tidak ada kontribusinya pada pengusaha yang bernaung di dalamnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Digital Bank NTT di Bajawa, Dirut Alex: Ini Motivasi Luar Biasa

“Tidak hanya itu, melainkan KADIN NTT tidak mampu memfasilitasi pengusaha-pengusaha lokal, padahal kita tahu bersama, ada banyak program pemerintah di sektor pertanian, perikanan, infrastruktur dan lainnya. Kami tidak melihat adanya peran KADIN disana,”ujar Vivo yang pernah bertarung melawan Paul Liyanto di Musprov KADIN NTT periode sebelumnya.

KADIN NTT menurutnya tidak bisa berbuat apa-apa terhadap kemajuan pengusaha NTT. Dia mengkritisi kemampuan pemimpin KADIN NTT (Ir. Abraham Paul Liyanto). “Oleh karena itu, melihat pada kondisi inilah kita punya niat bersama beberapa kandidat yang ada untuk maju,”tegas Vivo. Hal yang sama ditegaskan oleh dua koleganya Hidayat Hanas dan Christofel Liyanto.

HADIR. Dalam deklarasi, hadir sejumlah tokoh senior KADIN NTT dan simpatisan.
Foto: Stenly Boymau/Mediatorstar.com

Lebih jelas dalam closing statement-nya, Hidayat Hanas menegaskan: “Saya tentu mempertegas, mengapa kita persiapkan diri maju dalam Musprov KADIN kedepan. Tentu kita sudah tahu kondisi KADIN saat ini.  Karena itu saya mempersiapkan diri untuk memimpin KADIN kedepan periode 2021-2026.

Mungkin bisa dapat menilai tidak ada yang sempurna tetapi saya mau bilang bahwa saya pernah memimpin Gapensi Kota Kupang, Gapensi NTT,  di HIPMI dan banyak hal yang kita buat pada saat krisis di tahun 1998. Saya juga ikut di KADIN NTT pada periode pertama pak Paul Liyanto.

Saya tidak bisa menilai apakah kita sudah berintegritas dengan baik selama kita berorganisasi tetapi dengan referensi itu saya mau katakan bahwa saya akan tetap berjuang demi kepentingan KADIN kedepan dan dunia usaha. Kita akan bahu membahu, mendukung pemerintah dalam berbagai hal terutama pertumbuhan ekonomi. Saya mau sampaikan satu pantun, semoga berkenan. Tali rafia, tali sepatu, sesama mafia harus bersatu.

Pantun ini disambut tepukan tangan meriah mereka yang hadir. MC Tonny Dima kemudian mempersilahkan Caketum lainnya, yakni Vivo Ballo untuk menyampaikan closing statementnya. Saat itu Vivo menegaskan bahwa:

Baca Juga  "Gelegar Maksi" PLN Mobile, Apresiasi Bernilai Ratusan Juta Rupiah Untuk Pelanggan PLN

Kita hadir disini demi tujuan yang baik. Seperti disampaikan bahwa kondisi KADIN NTT saat ini sangat memprihatinkan. Kalau niat baik pasti jalan itu terbuka bagi kita. Kita tidak boleh pesimis melainkan optimis. Siapapun yang terpilih, itu adalah pilihan secara demokratis dan Tuhan sudah menentukan itu. Kita siap kalah dan siap menang. Kembali pada kesempatan ini mari kita berjuang bersama-sama untuk memperbaiki KADIN menjadi lebih baik.

Karena pernyataannya dinilai masih mengambang, MC Tonny Dima kembali meminta agar Vivo mempertegas sikapnya menyongsong Musprov KADIN mendatang, dan diamini oleh Vivo “Saya siap maju menjadi ketua KADIN NTT,”tegasnya singkat.

Ketika tiba pada kesempatan Christofel Liyanto, pernyataan menarik dilontarkannya. Dia menyebut beberapa syarat pemimpin KADIN NTT kedepan, dan bahkan  pemilik BPR Christa Jaya ini menambahkan, jika semua mendukungnya maka dia siap. Namun jika dalam perjalanan tidak ada yang mendukungnya, maka dia pun legowo. Adapun pernyataan lengkap Chris Liyanto yakni:

Baca Juga  PLN Berhasil Penuhi Kebutuhan Pengguna Kendaraan Listrik di Indonesia

Yang saya harapkan adalah para pengurus daerah (KADIN) datang memahami bahwa apa itu KADIN sebenarnya. Kepemimpinan KADIN kedepan dibutuhkan figur seorang pemimpin yang mampu menjadi teladan, panutan bagi para pengusaha yang dipimpinnya dan yang paing penting, ketua itu harus punya karakter, integritas, track record yang membuktikan bahwa beliau pantas menjadi pemimpin yang dijadikan teladan bagi pengusaha di NTT.

Kalau semua teman mendukung saya, saya siap,. Namun jika tidak ada yang mendukung pun saya siap. Karena KADIN ini adalah organisasi tempat kita mengabdi, dan bukan tempat kita gaya-gaya atau apalah. (MSC01)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *