Dubes RI Canberra Surati Bobby Lianto, Pagi Ini Bahas Sister City dan Penerbangan Kupang-Darwin

Nasional44 Dilihat

Canberra (MEDIATOR)—Duta Besar Republik Indonesia Canberra, menyurati Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) NTT, Bobby Lianto. Dalam surat bernomor 1634/SRK/09/2022/03 tanggal 2 September 2022 itu, perihal surat yang bersifat segera ini, mengundang Bobby dan sejumlah pihak terkait untuk hadir dalam rapat koordinasi rencana kerjasama RI-Australia khususnya antara NTT dengan Northern Territory.

Rapat ini alkan berlangsung secara virtual pada Senin (5/9) pagi ini pukul 10.00 WITA-selesai (12.00pm waktu Canberra). Masih dalam surat yang ditandatangani Dubes RI Canberra, Dr. Pramoni yang copyannya tiba di redaksi Mediatorkupang.com ini disebutkan setidaknya ada 3 point besar yang akan dibahas.

Pad point pertama, pihak Kedubes RI Canberra menegaskan “Dalam kerangka pelaksanaan National Concerence of the Australia-Indonesi Business Council (AIBC) pada 2-4 November 2022 yang rencananya akan dihadiri oleh beberapa Mengeri, baik dari Australia maupun Indonesia  untuk mendorong pemanfaatan IA-CEPA, diharapkan terdapat hasil atau outcome konkrit sehubungan dengan peningkatan kerjasama RI-Australia.” Dan pada point dua ditulis, Sebagai catatan, Presiden National AIBC, selain telah menyampaikan undangan kepada Menteri Perdagangan RI, dan Australia untuk menyampaikan keynote speech, juga telah menyampailkan permohonan kepada Presiden RI bersama dengan PM Australia untuk dapat memberikan sambutan pada acara pembukaan National Converence AIBC tersebut.

Baca Juga  Gibran Jadi Saksi, Wagub Josef, Pj Walikota Kupang dan Bupati Belu dapat Award dari Karang Taruna

“Untuk memastikan adanya hasil konkrit dimaksud, KBRI Canberra mencatat terdapat peluang kerjasama yang telah diinisiasi dan low hanging antara Australia dan Indonesia, khususnya antara Northern Territory/NT dan NTT dan NTB untuk dapat disepakati pada National Converence of AIBC,”demikian bunyi surat ini sembari merincikan, peluang itu seperti tindaklanjut draft MoU sister province antara Northern Teritory dan NTB, usulan sister city antara Darwin dan Kupang, rencana penerbangan langsung antara Darwin dan Kupang, tindaklanjut MoU yang ada antara Australia dan NTT (termasuk MoU pda B20 Roadshow) serta kerjasama perdagangan/investasi lainnya yang dapat diinisiasi oleh KADINDA NTT. Setidaknya ada 10 tokoh dan lembaga yang akan hadir dalam pertemuan ini, antara lain Dirjen Aspasaf Kemenlu, Konsul RI Darwin, Pj Walikota Kupang serta pihak lainnya. (BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed