Bank NTT Gunakan Core Banking Sistem Versi Terbaru, Jadi Primadona Nusantara dan Rujukan Penting Bank Jambi

Ekonomi216 Dilihat

Kupang (MEDIATOR)—Masyarakat NTT patut berbangga, karena Bank NTT sebagai bank kebanggaan kini menggunakan core bank system terbaru. Hal ini menyebabkan sehingga Bank NTT menjadi rujukan penting bagi bank lain di Indonesia, dalam penerapan core banking mereka. Hal ini dibuktikan dengam adanya kunjungan dari Sejumlah Kepala Divisi dan Kepala Bidang pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jambi atau Bank Jambi ke Bank NTT, Jumat (1/12/2023). Terpantau media ini, tim besar ini berkunjung dan diterima di lantai lima kantor pusat.

Mereka diterima Direktur Teknologi Informasi dan Operasional (TIOps) Bank NTT Hilarius Minggu, Kepala Divisi IT Bank NTT Fransiska Tamu Ina, Kepala Divisi Corsec Bank NTT Endri Wardono, dan Kasubdiv Humas Inggrid S. Manongga.

Adapun tujuan kunjungan tim ini adalah untuk studi banding terkait penerapan core banking system versi terbaru yang selama ini digunakan oleh Bank NTT.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank NTT Hilarius Minggu dalam sambutannya menegaskan bahwa kunungan tersebut adalah sebuah wujud kepercayaan besar kepada mereka. Apalagi, mereka tidak pernah menyangka bahwa apa sistem yang sudah dibangun ini akan menjadi rujukan bagi sejumlah BPD Indonesia, termasuk Bank Jambi.

“Versi yang kami pakai ini adalah versi terbaru. Teman-teman dari jambi mungkin lebih dahulu mengenal dahulu FDS (Fortres Data Services) tapi versi yang lama. FDS sudah kembangkan versi (core banking) yang baru,” jelasnya menambahkan core banking system T24 yang digunakan oleh Bank NTT merupakan versi terbaru, dan lebih banyak fasilitas-fasilitas bisa dimanfaatkan oleh perbankan.

Baca Juga  Senin, Ketua Umum KADIN Lantik Bobby Lianto Jadi Nahkoda Baru Demi Kebangkitan Ekonomi NTT

“Memang banyak fasilitas-fasilitas yang disiapkan oleh versi terbaru. Mungkin teman-teman bisa pelajari sampai pada Bank Devisa. Segala digitalisasi sudah lumayan lengkap di sini. Mobile banking, EDC dengan fitur-fiturnya begitu banyak seperti pajak dan lain-lain dan Bank NTT sudah menggunakan itu. silahkan dipelajari, kami siap melayani,” jelasnya.

STUDY BANDING. Tim dari Bank Jambi saat melakukan study banding ke Bank NTT, Jumat (1/12/2023).
Foto: Mediator

Kepada wartawan, Pemimpin Divisi Umum Bank Jambi Ahmad Jaiz menyampaikan, kedatangan mereka dalam rangka studi banding penerapan perubahan core banking dari versi 12 ke versi 22.

“Jadi salah saut bank yang gunakan versi yang diatas itu Bank NTT dari situlah kami bertukar informasi untuk gunakan core banking itu tujuannya adalah memberikan rekomendasi kepada direksi kami bagaimana cara kerja system itu guna menunjang kinerja bank kami. Bank NTT menjadi pilihan bagi kami,””tegas dia.

Baca Juga  Warga Rame-Rame Bawa Pulang Mobil Baru, KKB On The Street Bank NTT Sukses Besar

Account Manager Fortres Data Services (FDS) Marcelino Tanzil mengatakan, sistem yang digunakan Bank Jambi adalah versi yang cukup lama yakni R12.  “Sedangkan yang digunakan oleh Bank NTT saat ini adalah R19. Untuk R19 ini memang ada beberapa fitur yang tidak dimiliki di R12. Oleh sebab itu, kita meminta Bank Jambi untuk upgrade sistem agar lebih mumpuni dan lebih mengakomodir transaksi-transaksi yang saat ini sedang terjadi. Lagi pula versi terbaru ini juga sebenarnya lebih mendukung dari sisi operasional dengan sistem dan fitur yang sangat terbaru itu,”ujarnya. Hingga siang, masih ada diskusi yang a lot antara tim teknis dari Bank Jambi dengan Bank NTT. (KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *