Taat Konstitusi Soal Pilpres 2024, PDIP Sindir Orang di Sekitar Jokowi

Polkam43 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Jakarta

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan PDIP tetap berkomitmen menjalankan perintah konstitusi, salah satunya mengenai pemilihan umum (pemilu).  Hasto memastikan pihaknya tidak dipengaruhi hasil survei mengenai penerapan konstitusi dan negara tidak boleh diatur oleh orang per orang.  Oleh karena itu, Hasto mengajak semua pihak melihat konstitusi tidak hanya teksnya, tetapi konteks dan suasana kebatinannya.

“Ada atau tidak survei, sikap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan tetap sama berkaitan dengan penyelenggaraan negara. PDI Perjuangan kokoh dalam jalan konstitusi karena ketaatan pada konstitusi sangat penting,”kata Hasto menanggapi hasil riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) di Jakarta, Kamis (3/3), seperti dilansir JPNN.com.

Baca Juga  SAYONARA Victory-Joss, Panggung Terakhir di Gedung Sasando dan Minta Maaf Pada Rakyat NTT

Pria asal Yogyakarta itu menyoroti aspek legalitas kekuasaan melalui pemilu, yang mana rakyat berdaulat.  Periodisasi lima tahunan menjadi kultur demokrasi.  Menurut Hasto, dalam praktik penyelenggaran negara, maka seluruh pimpinan pada hakikatnya dalam melaksanakan kekuasaannya harus memperhatikan kehendak rakyat.

Hasto pun mengingatkan keberlangsungan pemerintahan tidak ditentukan orang per orang, tetapi dari aspek kontinuitas dan sustainability yang diangkat dari aspek policy.  Dalam melihat pentingnya keberlangsungan pemerintahan mewujudkan harapan rakyat, bisa ditinjau dari garis besar haluan negara (GBHN), misalnya bagaimana proyeksi menuju Indonesia 2045.

“Negara tidak digerakkan oleh ambisi orang per orang, tetapi oleh suatu haluan yang menyerap apa kehendak rakyat,” kata Hasto.  Dari temuan LSI, Hasto menyarankan polemik ini tidak perlu diperpanjang.  Hasto juga meminta orang di sekitar Presiden Joko Widodo untuk menghentikan perbuatannya.

Baca Juga  Gubernur VBL Gelorakan Semangat Kolaborasi demi Kesejahteraan Umat di Mimbar GBIS

“Ada orang di sekitar presiden tidak memahami kehendak presiden. Ketika kami menyampaikan sikap, kami tegaskan apa yang disampaikan PDI Perjuangan senapas dengan yang disampaikan presiden. Karena Presiden Jokowi sendiri sudah menyampaikan wacana itu dengan sikap sangat tegas,” jelas dia.

Hasto juga mengingatkan pesan Jokowi yang mengatakan usulan perpanjangan periode itu menampar muka, menjerumuskan, dan mungkin cari perhatian.  “Karena itulah sejak  awal sikap PDI Perjuangan senapas dengan sikap Presiden Jokowi. Dalam kultur kepemimpinan diukur dalam konsistensi sikap, dan ini ditunjukkan PDI Perjuangan,”beber Hasto.  (jpnn/MSC01)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *