Menu

Mode Gelap
Peneliti: Prabowo Telah Buktikan Kinerja dan Kesetiaan Pada Presiden Harusnya Di Bali, Ternyata B20 Chairwoman Beber Peran Besar Bobby Lianto Perjuangkan Labuan Bajo Pimpinan KPK Sangat Sedih, Harus Tangkap Hakim Agung PLN Miliki Holding Subholding, Strategi Jitu Sambut Masa Depan Kerja Keras KADIN NTT Terbukti, Walikota Darwin Setuju Kerjasama dengan Kota Kupang

Pendidikan · 19 Agu 2022 13:21 WITA ·

SMAN 7 Kupang Persiapkan Siswa dan Guru Pahami Jurnalis Sekolah


 BIMTEK. Para guru dan siswa SMAN 7 Kupang, peserta Bimtek Jurnalistik di sekolah itu, awal Agustus kemarin. Nampak saat mereka berpose bersama Stenly Boymau, sebagai salah satu pemateri.  Foto: Dok. SMAN 7 Kupang Perbesar

BIMTEK. Para guru dan siswa SMAN 7 Kupang, peserta Bimtek Jurnalistik di sekolah itu, awal Agustus kemarin. Nampak saat mereka berpose bersama Stenly Boymau, sebagai salah satu pemateri. Foto: Dok. SMAN 7 Kupang

Kupang (MEDIATOR)–Sebanyak 5 siswa   dan  5 guru pendamping SMAN 7 Kupang, dikenalkan dunia jurnalistik dalam kegiatan  Bimtek Jurnalis SMAN 7 Kupang dengan tagline, Sukseskan Wartawan Sekolah. Ada dua narasumber yakni dibadirkan yakni Stenly Boymau, yang adalah seorang  jurnalis senior dan pemateri kedua, Farid Ramadhan Galip Atapukang selaku koordinator IT dan Instruktur LP3I.

Kegiatan yang berlangsung Jumat (5/8) di Ruang Komputer SMAN 7 Kupang, Jl. Frans Daromes Tofa, Maulafa ini dibuka oleh Kepala SMAN 7 Kupang, Wemvrid M.Boimau.S.Pd., M.Hum. Dalam sambutannya, Wemvrid menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menambah wawasan jurnalistik bagi anak-anak didik serta guru-guru. Karena jurnalistik merupakan salah satu wadah yang  bertujuan mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu meliputi bakat, minat dan kreativitas  siswa.

Baca Juga  Di Depan Uskup Agung Kupang, Ini Penegasan VBL

Kegiatan ini berlangsung sehari yang dibagi dalam dua sesi dengan dua pemateri. Dalam paparan materi tentang Dasar-Dasar Jurnalistik, Stenly mengatakan bahwa cara menulis berita yang  baik sesuai dengan  standar baku menulis berita dikenal dengan rumus  5 W 1H + piramida terbalik dengan tetap memerhatikan  enam langkah dalam menulis berita.

Selain itu, Stenly juga menjelaskan tentang kerja dari para jurnalis dalam mencari informasi/bahan berita dan mengolahnya menjadi sebuah berita yang aktual, faktual, penting dan menarik. Semua peserta  terlihat sangat  antusias saat diminta mendesain berita sebagai wartawan pemula di lingkup sekolah.

Sementara,pada sesi ke-2 dengan pemateri Farid Ramadhan Galip Atapukang,  peserta dilatih tentang

Teknik Pengambilan Video dan Edting untuk Jurnalistik.

Baca Juga  SMA Kristen Pandhega Jaya-Kupang, Lepas 28 Calon Pemimpin Bangsa Berintegritas

Kesuksesan Bimtek ini diapresiasi oleh pihak sekolah, karena dengan kegitan sepert ini, memotivasi siswa agar lebih giat membaca, menyimak dan menulis. Apalagi siswa juga memberikan respon yang sangat baik sehingga  melalui kegiatan ini muncul karya-karya siswa dalam bidang jurnalistik. (Tim Wartawan SMAN 7 Kupang/Boy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 162 kali

Baca Lainnya

Rektor Harun Natonis Beri Motivasi Pada Penutupan Camp Pemuda Klasis ATU

5 September 2022 - 09:59 WITA

Daud Saleh Ludji dan David Natun Pimpin MUKI NTT, Gubernur Tekankan Semangat Kolaborasi

27 Agustus 2022 - 00:03 WITA

Melbourne University Jajaki Kerjasama dengan UNDANA & UCB

5 Agustus 2022 - 15:52 WITA

Undana Gelar Diksar Menwa,  Rektor dan Danmen Mahadana Pesan Jadilah Mahasiswa Berkarakter

19 Juli 2022 - 00:33 WITA

Rektor Undana Lantik Lima Pejabat Penting, Dr. Jefri S. Bale,.ST,.M.Eng dapat Tugas Baru

29 Juni 2022 - 22:26 WITA

UMM Tawarkan Kerjasama Pemanfaatan Riset EBT, Pemprov Welcome

15 Juni 2022 - 23:16 WITA

Trending di Pendidikan