Menu

Mode Gelap
Peneliti: Prabowo Telah Buktikan Kinerja dan Kesetiaan Pada Presiden Harusnya Di Bali, Ternyata B20 Chairwoman Beber Peran Besar Bobby Lianto Perjuangkan Labuan Bajo Pimpinan KPK Sangat Sedih, Harus Tangkap Hakim Agung PLN Miliki Holding Subholding, Strategi Jitu Sambut Masa Depan Kerja Keras KADIN NTT Terbukti, Walikota Darwin Setuju Kerjasama dengan Kota Kupang

Sejarah · 20 Agu 2021 14:13 WITA ·

Perjuangkan Riwu Ga Jadi Pahlawan, Ini Reaksi Pemprov NTT


 SEMASA HIDUP. Riwu Ga bersama anaknya semasa hidup, di rumahnya yang terletak di Nunkurus, Kabupaten Kupang. Foto: Peter A. Rohi Perbesar

SEMASA HIDUP. Riwu Ga bersama anaknya semasa hidup, di rumahnya yang terletak di Nunkurus, Kabupaten Kupang. Foto: Peter A. Rohi

MEDIATORSTAR.COM, Kupang

SEMANGAT publik untuk mendorong agar perjuangan Riwu Ga diakui oleh negara, terus bermunculan. Semangat ini semula dimunculkan oleh wartawan yang juga sejarawan, Peter Apollonius Rohi semasa hidupnya. Dalam beberapa tulisannya, Peter memberi banyak pertimbangan yang dilengkapi data.

Dalam bukunya ‘Kako Lami Angalai’ pun, Peter membuka secara terang benderang fakta mengenai peran Riwu Ga dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Terutama saat mendampingi Bung Karno, dalam masa pembuangannya di Kabupaten Ende, 1934 dan bahkan saat deklarasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur, Jakarta.

Saat itu, dilukiskan  oleh Peter Rohi dalam tulisannya, Riwu diminta oleh Bung Karno untuk berkeliling Jakarta, menggunakan megaphone, mengumumkan kepada publik Jakarta bahwa Indonesia sudah merdeka. Menumpang sebuah jip, Riwu menerobos barikade kenpetai (serdadu Jepang) yang masih berjaga pada beberapa jalan utama.

Baca Juga  Nunhila, Salah Satu Kuburan Tertua di Dunia, Catatan:  Matheos Victor Messakh

Semangatnya meyakinkan publik bahwa Indonesia sudah merdeka ini, patut diacungkan jempol. Sehingga sejumlah dukungan bermunculan, agar perjuangan seorang Riwu Ga, diakui oleh negara. Baik itu dalam bentuk penghargaan sebagai pahlawan nasional, ataupun dalam bentuk penghargaan yang lain. “Kita tidak bisa menutup mata dengan perjuangan Riwu ini. Sejarah mencatat, Riwu ini berperan besar dalam kemerdekaan. Bisa dibaca dalam buku saya,”ujar Peter Rohi semasa hidupnya, dalam sebuah diskusi dengan media ini, di Kupang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Linus Lusi.
Foto: Tribun.com

Pemerintah Provinsi NTT, mendukung perjuangan publik NTT agar nilai-nilai perjuangan seorang Riwu Ga, diperjuangkan sehingga mendapat pengakuan dari negara. Kepada Mediatorstar.com, Kepala Dinas Pendidikan NTT, Linus Lusi menegaskan bahwa pemerintah tidak menutup mata terhadap peranan Riwu Ga dalam masa-masa kemerdekaan RI.

Baca Juga  Riwu Ga, Sosok Marhaen Pengawal Bung Karno yang Terlupakan; Karang Taruna Kota Tabur Bunga Pada Makamnya di Mapoli-Kupang

“Karena itu kita perlu menelusurinya, mengumpulkan data-data menyangkut perjuangan beliau (Riwu Ga). Kita mesti membuat kajian-kajian komprehensif, lalu diseminarkan. Nah setelah itu, tentu ada rekomendasi-rekomendasi dalam seminar, diantaranya ada usulan. Itu yang diperjuangkan dan pemerintah siap untuk itu,”tegas Linus singkat.

Dessy Ballo-Foeh
Foto: Dok. Pribadi

Tidak hanya itu, melainkan dukungan yang sama datang dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kupang. Kerua fraksi PDIP, Dessy Ballo-Foeh menegaskan bahwa PDI Perjuangan akan memperjuangkan agar nama Riwu Ga diabadikan sebagai nama jalan menuju ke rumahnya di Nunkurus.

“Kami di Kabupaten Kupang akan menetapkan tempat tinggal Riwu Ga dengan nama jalannya serta kampung itu sementara dipasangi listrik dan segera dibuatkan jalan hotmix. Prosesnya sementara berlangsung dan setelah ini akan diikuti dengan pencanangan nama dan kampung Riwu Ga,”tegas Dessy sembari menambahkan bawa semua yang diperjuangkan ini semata-mata sebagai sebuah tanda penghormatan pada mendiang Riwu Ga.

Baca Juga  RUMAH "WAKIL GUBERNUR^ RESIDENSI TIMOR JADI TEMPAT SIMPAN GEROBAK II, Catatan Matheos Victor Messakh

“Ini juga sekaligus sebagai tindak lanjut amanat Om Peter A Rohi. Kami berterimakasih kepada Mediatorstar.com yang sudah membantu mengingatkan kembali tentang peran besar seorang Riwu bagi bangsa ini,”pungkasnya. (stenly boymau).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Nunhila, Salah Satu Kuburan Tertua di Dunia, Catatan:  Matheos Victor Messakh

23 Mei 2022 - 14:03 WITA

RUMAH “WAKIL GUBERNUR^ RESIDENSI TIMOR JADI TEMPAT SIMPAN GEROBAK II, Catatan Matheos Victor Messakh

16 Mei 2022 - 11:40 WITA

RUMAH “WAKIL GUBERNUR^ RESIDENSI TIMOR JADI TEMPAT SIMPAN GEROBAK I, Catatan Matheos Victor Messakh

16 Mei 2022 - 11:31 WITA

Riwu Ga, Sosok Marhaen Pengawal Bung Karno yang Terlupakan; Karang Taruna Kota Tabur Bunga Pada Makamnya di Mapoli-Kupang

17 Agustus 2021 - 11:49 WITA

Alexander Ch. Abineno, Salah Satu Pendiri TNI-AL yang Santun Hingga Akhir Hayat

6 Agustus 2021 - 10:00 WITA

Namata, Situs Megalitik yang Dijaga Tetap Sakral

3 Juni 2021 - 09:17 WITA

Trending di Sejarah