Meniti Sukses di UKSW, Dua Mahasiswa yang Rintis Bisnis dan Ciptakan Lapangan Kerja Telah Diwisuda

INFO UKSW50 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Wisuda Periode II Tahun 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjadi momen bersejarah bagi Ismi Oktaviani dan Indah Aulia Dewi, lulusan Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Keduanya tidak hanya berhasil menyelesaikan studi mereka dengan gemilang, tetapi juga berhasil mengukir berbagai prestasi yang membanggakan selama duduk di bangku perkuliahan di Kampus Indonesia Mini.

Selama masa kuliah, Ismi dan Indah, yang merupakan anggota Bahiti Gift and Craft, berhasil mengembangkan berbagai produk inovatif. Mereka juga berhasil lolos dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023, dan meraih status Produk Utama dalam KMI Expo XIV 2023 yang diselenggarakan oleh Belmawa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek). Tidak hanya itu, prestasi mereka juga terukir dengan meraih gelar Juara Harapan I pada Kategori Usaha Produk Kreatif dalam Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI #3) Tahun 2024.

Bukan hanya berkutat pada pengembangan bisnis, Ismi, Indah, dan rekan mereka, Milka Tamariska, juga berhasil membuka peluang pekerjaan bagi sesama mahasiswa dan masyarakat umum. Mereka secara rutin merekrut 2 hingga 3 orang pekerja paruh waktu untuk berbagai acara seperti wisuda, perayaan valentine, ulang tahun, dan acara lainnya.

Ismi, yang pernah menjadi Finalis Mbak Kota Salatiga tahun 2019-2023 dan memenangkan kompetisi Penulisan Hukum tahun 2022, menegaskan bahwa peran UKSW sangat besar dalam mengembangkan soft skill dan hard skill para mahasiswanya.

“Banyak kegiatan di UKSW yang mendukung kami sebagai mahasiswa untuk berkembang,” ungkap Ismi mnambahkan, kesuksesan bukanlah akhir dari perjalanan, namun awal dari tantangan yang lebih besar. Dia mendorong rekan-rekan mahasiswa untuk terus belajar, berlatih, dan tidak takut untuk gagal. Setelah lulus, Ismi memiliki rencana karir yang matang. “Saya akan mencari pekerjaan di perusahaan impian saya atau mendaftar ke instansi yang menjadi tujuan saya. Selain itu, saya akan terus mengembangkan usaha catering, frozen food, dan usaha kuliner nasi padang yang telah saya mulai sejak kuliah,”katanya.

Baca Juga  Apresiasi dari Ditjen Dikti Ristek untuk Pdt. Izak Y. M. Lattu, Ph.D.: Sosok Visioner dari UKSW yang Menginspirasi Dunia Akademik

Di sisi lain, Indah pun turut berbagi kisah dan mengungkapkan rasa syukurnya dapat berkuliah di UKSW. Latar belakang keluarga yang sederhana tidak menghalangi Indah untuk mengejar cita-cita hingga dapat meraih gelar sarjana dengan beasiswa yang ia dapatkan.

Bagi Indah, berkuliah di UKSW memberikan kesan yang mendalam dengan suasana yang inklusif dan pendidikan yang berkualitas. “Saya bisa berkembang dan bahkan memiliki usaha sendiri berkat UKSW. Fasilitas serta pelayanan yang diberikan sangat memuaskan, serta apresiasi dan pembinaan terhadap bakat-bakat mahasiswa juga sangat diperhatikan dan dikelola,” tandas lulusan yang pernah menjadi delegasi National Moot Court Community ini.

Disinggung mengenai rencana karirnya, Indah berencana untuk mengeksplorasi peluang di sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan mengincar kesempatan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di bidang kehakiman.

Baca Juga  Fakultas Teologi UKSW Gelar Pertemuan Strategis dengan VIAA University of Applied Sciences Netherland

Namun, keseriusannya dalam meraih sukses tidak berhenti di situ. Indah juga memiliki rencana ambisius untuk mengembangkan bisnis bunga florist-nya, dengan strategi merekrut karyawan sebagai langkah awal menuju penciptaan sumber penghasilan pasif yang stabil.

Dengan segala prestasi dan pengalaman yang telah mereka raih, Ismi Oktaviani dan Indah Aulia Dewi siap melangkah ke fase berikutnya dalam hidup mereka dengan penuh semangat dan optimisme. (RLS/HUMAS- UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *