MEMBANGGAKAN…UKSW Raih Kado Terbaik di Awal Tahun, Naik Peringkat Nasional di Klasterisasi Mandiri

INFO UKSW128 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)—Sebuah prestasi besar diukir oleh Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga di awal tahun 2024. Capaian hebat ini sekaligus menjaid kado terindah bagi seluruh civitas akademika UKSW di mana saja. Berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UKSW berhasil masuk pada Klaster Mandiri.

Tak banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil masuk pada Klaster Mandiri. Dilansir dari laman bima.kemdikbud.go.id, hanya ada 47 PTN dan PTS di seluruh Indonesia yang masuk dalam Klaster Mandiri, yang merupakan klaster tertinggi bagi sebuah perguruan tinggi.

Rektor UKSW Salatiga Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., ketika dihubungi secara online, Selasa  (03/04/2024) menyatakan rasa syukurnya atas masuknya UKSW dalam Klaster Mandiri.

Baca Juga  Prof Umbu Rauta, Pakar Hukum Tata Negara dari UKSW Bedah Konstitusionalitas IKN

“Kami bersyukur atas pencapaian kinerja klasterisasi riset yang meningkat dari Klaster Utama ke Klaster Mandiri. Kinerja ini adalah bagian dari Program Kerja Strategis Progressive and Outstanding,” katanya.

PROMOSI DOKTOR. Pastor Dr. Yulius Yasinto, SVD, MA, MSC., saat Promosi Doktor Studi Pembangunan Fakultas Interdisiplin (FId) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin (07/08/2023) dalam Promosi Doktor yang dipimpin langsung Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak.
Foto: Ish/UKSW/Mediatorkupang.com

Melaju Menuju WCU

Tak lupa Rektor Intiyas juga menyatakan terima kasihnya atas kerja keras semua dosen dan mahasiswa dalam riset kolaborasi yang ada di bawah koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK), dan juga Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM).

“Dengan raihan ini kita akan terus melaju menuju World Class University (WCU-red),” imbuh Rektor Intiyas.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Rektor Bidang RIK, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom. Dihubungi melalui pesan singkat, Prof. Eko Sediyono juga menyampaikan rasa syukurnya atas anugerah yang kembali diterima UKSW.

Baca Juga  UKSW Ajak Mahasiswa Kenali Tren Pasar, Konsorsium MEKAR Gelar Studium Generale

“Bersyukur atas anugerah ini. Tetapi jangan sampai kita lengah, kita harus terus bekerja keras dan lebih cerdas,” katanya.

Ditambahkan Direktur DRPM Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom., pencapaian UKSW masuk dalam Klaster Mandiri Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menunjukkan hasil upaya berkesinambungan yang UKSW lakukan. Pencapaian ini tidak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan UKSW melalui DRPM, yakni meningkatkan riset internal, meningkatkan publikasi internasional bereputasi dan juga meningkatkan riset dengan pendanaan eksternal.

Disampaikannya, berbagai langkah taktis telah dilakukan UKSW melalui DRPM, yakni antara lain mengadakan bootcamp penulisan artikel ilmiah, sosialisasi dan juga bimbingan teknis (bimtek) mendampingi dosen untuk update data SINTA, serta pemberian insentif untuk publikasi jurnal bereputasi.

“Langkah-langkah tersebut tetap akan kita lakukan ke depan, dan juga pastinya kita akan tingkatkan. Selain itu, di tahun 2024 ini kami akan mendorong internasionalisasi. Caranya dengan lebih mendorong lagi dan memprioritaskan riset publikasi yang melibatkan partner kita baik perguruan tinggi negeri dan swasta, terutama dari luar negeri,” papar Prof. Kristoko.

Baca Juga  Jadi Guru Besar Ke-21 UKSW, Hindriyanto Resmi Jadi Profesor Ilmu Teknik Elektronika dan Informatika
Kampus Indonesia Mini, UKSW yang baru saja masuk dalam Klaster Mandiri Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

Klaterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022.

Data kinerja tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book). Dari data tersebut, terdapat lima klister yaitu Klaster Mandiri, Klaster Utama, Klaster Madya, Klaster Pratama, dan Klaster Binaan. (RLS/HMS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *