Kecap Malada Khas Kupang yang Tembus Pasar Eropa-Tiongkok, Tampil di Panggung Bergengsi  KADIN NTT Awards 2024

Ekonomi55 Dilihat

Kupang (MEDIATOR)—Siapa tidak kenal KECAP MALADA? Bagi kecap kebanyakan hadir dengan komposisi utama kedelai hitam, gula, air dan garam, maka kecap yang diproduksi di Kota Kupang ini ini ternyata memiliki keunikan tersendiri. Bahan dasarnya adalah gula air. Komoditi khas yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kecap ini, sudah menembus pasar Eropa hingga Tiongkok. Dan, ternyata yang aktif memasarkannya adalah KADIN NTT di bawah kepemimpinan Bobby Lianto. Bobby memang tokoh di balik suksesnya sejumlah merek UMKM yang kini dikenal dimana-mana. Karena dalam kunjungannya ke berbagi negara, Bobby yang kesana atas nama KADIN NTT, selalu memboyong aneka produk UMKM, tak terkecuali Kecap Malada. Seperti Singapura, Eropa dan Tiongkok, bulan April kemarin.

Ternyata, atas kegigihannya ini, membuat Otnirlab Nalle bersama sang isteri, Gledis Angela, boleh hadir di panggung KADIN NTT Awards 2024, Selasa (21/5) malam di Harper Hotel Kupang. Saat itu, Bobby menyerahkan piagam kepada Kecap Malada sebagai produk UMKM di NTT.

Disaksikan sejumlah petinggi baik itu dari Pemprov NTT hingga Penjabat Walikota Kupang dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kupang, panggung itu menjadi sebuah kesempatan penting untuk promosi produk kebanggaan NTT.

Kepada Mediatorkupang.com, Otnirlab Nalle menjelaskan bahwa kecap ini memiliki cita rasa yang khas dan hadir atas resep dari leluhur.

“Kecap manis CAP MALADA berbahan dasar murni gula air dari pohon lontar dengan campuran rempah-rempah alami lainnya tanpa kacang kedelai. Didirikan sejak tahun 2019 lalu, kecap ini adalah warisan dari mama dan sudah digunakan untuk keperluan rumah tangga kami sejak lama,”tegas anggota Polri pada Polda NTT ini menambahkan kecap Malada sudah mengantongi HAKI sejak tahun 2020 dan sertifikat HALAL sejak tahun 2022.

Baca Juga  Hari Ini Ratusan Ton Garam Premium Sabu Raijua Menuju Jawa, Bupati Beri Apresiasi

Sejauh ini pemasarannya di beberapa gerai oleh-oleh seperti La Moringa, Kado Bajo, Dekranasda  dan beberapa gerai lainnya di Kota Kupang, bahkan sudah pernah dikirim ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Kalimantan serta diexport ke Paris.

“Karena itu kami berterima kasih kepada KADIN NTT dibawah kepemimpinan Ketum Bobby Lianto yang sudah memberikan kesempatan promosi dan juga menganugerahkan award kepada Kecap Malada. Ini sungguh luar biasa dan di luar dugaan, apalagi dibacakan paling pertama. Semoga award ini memotivasi kami untuk lebih berkembang lagi,”pungkasnya. (stenly)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *