Jokowi Instruksi ke Seluruh Kepala Daerah: Fasilitasi UMKM!

Ekonomi38 Dilihat

MEDIATORKUPANG.COM, JAKARTA-Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan mengenai peranan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pertumbuhan ekonomi bangsa. Dan, pernyataan ini dituangkannya dalam sebuah postingan pada media sosial Presiden Joko Widodo, beberapa saat yang lalu.

Adapun postingan itu bunyinya: Usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah di Tanah Air memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja kita.

Anda tahu berapa besar angkanya? Kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional adalah 61 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen! Menurut data tahun 2021, kita memiliki 65,4 juta UMKM. Melihat angka-angka tersebut, keliru besar jika pemerintah sampai tidak mengurusi UMKM dengan baik.

Saya telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk mendorong pengusaha UMKM segera mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan memastikan proses pengajuan NIB lebih cepat. Saat ini, penerbitan izin usaha UMKM sudah di angka 7.000 sampai 8.000 per hari, tapi saya tetap meminta supaya bisa 100.000 izin per hari.

Dengan memiliki NIB, UMKM mendapatkan banyak kemudahan, seperti untuk mendapatkan bantuan usaha mikro dari pemerintah dan memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Saya juga mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk yang dijual, dari kemasan, desain, dan material yang digunakan agar dapat segera masuk ke pasar ekspor. (***/BOY)

Baca Juga  Bobby Lianto Pimpin Tim Ketemu George Hadjoh, Berhasil Urai Benang Kusut Perijinan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *