Ikrar Stenly Boymau di Aula Sudirman Korem 161/Wira Sakti, Danrem dan Rektor Undana Sampaikan Pesan Penting

Pendidikan279 Dilihat

Kupang (MEDIATOR)—Sebuah sejarah baru saja dicatat oleh Ikatan Alumni  Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI). Ketua DPP IARMI  NTT Fahmi Abdullah resmi melantik Stenly A. Boymau sebagai Ketua IARMI DPK Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan No: SKEP-148/DPDIARMINTT/XI/2023, dan dilaksanakan di Aula Sudirman Makorem 161 Wira Sakti Kupang, Kamis 9 November 2023.  Di aula ini, Stenly berikrar akan mengibarkan panji organisasi, taat serta patuh pada komitmen bela negara, menjaga keutuhan bangsa, serta melaksanakan setiap amanat organisasi secara baik dan bertanggungjwab.

Ketua DPP IARMI NTT Fahmi Abdullah resmi melantik Stenly A. Boymau sebagai Ketua IARMI DPK Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan No: SKEP-148/DPDIARMINTT/XI/2023, dan dilaksanakan di Aula Sudirman Makorem 161 Wira Sakti Kupang, Kamis 9 November 2023.

Usai dilantik, Ketua IARMI DPK Kota Kupang dan Kabupaten Kupang Stenly A. Boymau mengatakan, hari ini merupakan momentum bersejarah bagi alumni resimen mahasiswa Indonesia. Pasalnya, baru pertama kali IARMI DPK Kota Kupang resmi terbentuk.

Menurutnya, program yang paling pertama akan dilakukan adalah melaksanakan konsolidasi secara internal. Ia menyebut, alumni resimen mahasiswa sudah mencapai ratusan bahkan ribuan orang dari berbagai Universitas di Indonesia.

“Bukan saja di tamatan dari Undana dan beberapa Universitas di NTT yang mana sudah ada Menwanya, tetapi teman-teman dari luar pun banyak alumni resimen mahasiswa. Sehingga langkah pertama yang diperlukan dalam membangun konsolidasi dengan teman-teman,” ujar Stenly Boymau.

Baca Juga  Hormati Jasa Pahlawan Bangsa, IARMI NTT Gandeng Lintas Organisasi Beri Darah untuk Sesama

Selain konsolidasi, pihaknya juga akan melaksanakan amanat yaitu menjaga kedaulatan bangsa, berdasarkan disiplin yang dianut oleh IARMI selama ini, yaitu Widya Castrena Dharma Siddha.

“Kami tentu akan bersinergi dalam melaksanakan program-program, diantaranya seperti program bela negara, di mana akan masuk ke sekolah-sekolah, dan juga sosialisasi ke kampus-kampus,”ungkap Stenly.

Ketua IARMI DPK Kota Kupang dan Kabupaten Kupang ini menyebut, dalam melaksanakan prorgram ini, pihaknya tidak berjalan sendiri, tapi didukung oleh senior-senior IARMI Provinsi NTT.

“Atas nama pengurus Kota Kupang kami mengucapkan terima kasih tinggi-tingginya kepada para senior yang hari ini tersebar di tidak saja di 3 matra TNI, tapi juga di Polri,” ungkapnya.  Stenly juga meminta dukungan dan kolaborasi dari Pers untuk mewujudkan Indonesia yang berkedaulatan dan Indonesia Emas 2045 mendatang.

Pesan Danrem dan Rektor Undana

Danrem 161/WS Kupang, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, SH., MM., dalam materinya tentang era Disrupsi, masa di mana perubahan-perubahan yang terjadi disebabkan karena adanya inovasi yang begitu hebat sehingga mengubah sistem dan tatanan kehidupan masyarakat secara luas.

Danrem juga menyampaikan tentang pesatnya perkembangan teknologi informasi. “Internet merupakan sistim yang sangat terbuka tapi tidak semua bisa memberikan validasi kebenaran tentang informasi yang di akses melalui internet. Sehingga kita tau bahwa sekarang di media jaringan internet itu begitu banyak berita hoax/kebohongan. Kondisi ini yang cukup bahaya dan memprihatinkan,”ujarnya sembari meminta kepada semua untuk selalu mengkonfirmasi sebuah informasi.

Baca Juga  MKKS SMK Kota Kupang Siap Sukseskan Lomba Mading Alumni Menwa-Bank NTT
BERI MATERI. Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, saat membawakan materi dengan moderator Ketua DPK IARMI Kota dan Kabupaten Kupang, Stenly Boymau.
Foto: Anwar Arief/IARMI NTT

Sementara terkait dengan Menwa, Danrem menegaskan bahwa organisasi ini merupakan sebuah wadah yang baik, yang mana di wadah ini, setiap generasi terutama mahasiswa dilatih menjadi kader-kader dalam bela negara. “Menwa sebagai sebuah wadah dalam menyalurkan berbagai program dan kegiatan dalam organisasi. Memang Menwa ini banyak bersinggungan dengan TNI dan saya tegaskan bahwa menjaga kedaulatan bangsa adalah tanggungjawab semua komponen anak bangsa,”tegas Danrem.

Sementara itu, Rektor Undana Prof. Dr. drh. Maxs U.E. Sanam, M.Sc. dalam materinya ‘Resimen Mahasiswa sebagai Ladang Persemaian Pemimpin Bangsa’ menegaskan universitas adalah tempat yang tidak hanya memberikan pendidikan dalam bidang akademik, tetapi juga membentuk karakter dan kepemimpinan mahasiswa. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program resimen mahasiswa.

“Resimen mahasiswa adalah suatu wadah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam berbagai aspek, seperti disiplin, kepemimpinan, ketahanan fisik dan mental, serta rasa tanggung jawab terhadap masyarakat. Melalui pelatihan dan latihan yang ketat, mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan mengambil keputusan yang tepat,”tegasnya saat itu.

Baca Juga  Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SD GMIT Airnona 1 Usung Tema Kewurausahaan
Rektor Undana, Prof Max Sanam saat membawakan materi.
Foto: Dok IARMI NTT

“Selain itu, resimen mahasiswa juga dapat menjadi ajang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang inklusif dan berwawasan global. Dalam resimen, mahasiswa dari berbagai latar belakang dapat bekerja bersama-sama, saling menghargai perbedaan, dan belajar tentang keragaman budaya. Hal ini akan membantu mereka menjadi pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik, memahami perspektif yang berbeda, dan mengambil keputusan yang bijaksana dalam konteks global yang semakin kompleks

“Resimen mahasiswa di Universitas Nusa Cendana adalah ladang persemaian pemimpin bangsa yang penting. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengembangkan kepemimpinan, kebangsaan, keterampilan soft skills, dan wawasan global yang akan menjadi modal berharga dalam memajukan bangsa dan menghadapi tantangan masa depan. Saya berharap resimen mahasiswa terus diperkuat dan didukung agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa dan masyarakat,”pungkasnya.

Rektor Undana Prof Max Sanam bersama Danrem 161/WS Kupang, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang dan para perwira serta pengurus IARMI NTT.
Foto: Dok IARMI NTT

Hadir saat itu para tamu undangan yang adalah perwira TNI yang tersebar di tiga matra, yakni Kasi Pers Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kol Inf Yudiono, Aspotmar Lantamal VII Kupang, Kol Laut Jonie Efendi,  Letkol PNB Eddy Candra selaku Pekas TNI U El Tari Kupang, Danramil Kupang, Mayor Hendry Dunant, serta masih banyak alumni Menwa lainnya. (***/TIM/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *