Siap-Siap Tahun Depan KADIN NTT Bawa Produk UMKM NTT ke Korea Selatan

Ekonomi101 Dilihat

Seoul (MEDIATOR)– Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, Jumat (29.12) jelang akhir tahun, mengunjungi KBRI, di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan. Dalam pertemuannya, Bobby bertemu dengan tiga pejabat teras KBRI, yaitu Atase perdagangan Eko Priyanto Sudrajat. First Secretary for Economic Investment and Trade Affairs,  Sita Nurfitriani dan juga Caven Jonathan, Atase imigrasi KBRI Seoul, Korea Selatan karena saat ini  Dubes RI untuk Korea H. E Gandhi Sulistiyanto telah diangkat sebagai Wantimpres  (Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia) dan sampai saat ini belum ditunjuk penggantinya oleh Presiden RI.

Dalam pertemuan tersebut, Bobby Lianto menyampaikan tentang dua hal. Pertama mempromosikan Provinsi NTT dan potensi-potensi yang ada. Bobby menjelaskan NTT kaya akan potensi karena sebagai provinsi terselatan yang strategis bertetangga dengan Timur Leste dan juga Australia. Bobby juga menyampaikan potensi-potensi yang ada selain komoditi-komoditi dari pulau Flores, Sumba, dan juga Timor, serta pulau lainnya. Turism para wisata sebagai prime mover NTT dan juga potensi-potensi lainnya seperti energi terbarukan di Sumba dan juga komoditi-komoditi yang kuat di NTT seperti kopi, kakao, rumput laut, serta jambu mete, vanili, dan kelor, serta potensi-potensi lainnya.

Bobby Lianto juga menjelaskan tentang keunggulan-keunggulan dari NTT dan komoditi yang dimiliki NTT, selain dari kekayaan alam serta kekayaan kebudayaan NTT yang memiliki 70 bahasa serta lebih dari 700 motif kain tenun. Juga potensi pertambangan serta perikanan dan kelautan, peternakan dan pertanian. Bobby  juga menyampaikan program-program pemerintah dan juga Kadin NTT yang membuka penerbangan langsung dari Bali, Kupang, dengan Air Asia, dan Labuan Bajo sebagai gateway internasional akan masuk dari Singapura dan Kuala Lumpur, dan juga dari Kupang menuju ke Darwin.

“Dalam pertemuan tersebut, masing-masing Bapak Atase menjelaskan tentang dukungan KBRI terhadap Provinsi NTT yang dapat dilakukan,”tegas Bobby menambahkan bahwa ada satu kabar gembira bahwa dengan kedatangannya, Atase Perdagangan Eko Prilyanto Sudrajet menyampaikan bahwa dia akan mengundang NTT untuk dapat ikut di dalam exhibition-exhibition di Seoul.

Baca Juga  Djemy Lassa Terima Mandat Pimpin Kadin TTS

“Dan memberikan booth untuk NTT Dengan dipayungi oleh Kamar Dagang dan Industri Nusa Tenggara Timur, maka produk-produk UMKM juga dapat dipasarkan di exhibition-exhibition yang ada di Seoul,”tambah Bobby.

Beberapa exhibition yang ada seperti Seoul Food and Hotel exhibition, ada juga SEOUL International Cafe show yg memamerkan kopi, kakao, dan snack utk cafe, dan juga handicraft yaitu Handary Korea Hand Craft South Korea Trade show dan beberapa produk handicraft NTT sudah ada yang pernah dipamerkan dalam acara tersebut serta masih banyak lagi. Beberapa Produk Unggulan NTT yang siap Export seperti yg sdh di lakukan KADIN NTT seperti coklat kebanggaan NTT GHAURA, Produk Kelor NTT seprerti La Moringa, Timor Moringa, Kellorful mamage, Kecap Malada dan masih banyak lagi produk binaan KADIN NTT

Baca Juga  Ada Yang Penting…Bobby Lianto Bertemu Dirjen Tata Ruang ATR/BPN RI

Bobby Lianto mengucapkan terima kasih kepada H.E Gandhi Sulistiyanto dan ke 3 Pejabat Teras KBRI di Seoul atas waktu dan kesempatan serta hubungan kerjasamanya, maka NTT dapat dipromosikan di Korea Selatan dan juga sebaliknya mengundang para investor yang mau masuk berinvestasi di NTT. “Kadin siap untuk menjembatani dan mendukung agar terlaksana dengan baik, bahkan membantu mengawal setiap investasi yang masuk di NTT,”pungkasnya. (RLS/KDN/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *