Roadmap, Team, Time, and Tools: UKSW Gelar Bimtek Untuk Mendukung Produktivitas Riset

INFO UKSW61 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Setelah sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2024, kini Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Roadmap (Peta Jalan) Penelitian, Rabu (21/02/2024) di Balairung Universitas. Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan oleh Kantor Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UKSW.

Guru Besar Bidang Kecerdasan Buatan Telkom University Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc., menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan. Bimtek ini diikuti oleh sedikitnya 90 pejabat fakultas yang terdiri dari Koordinator Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK) fakultas, Ketua Program Studi (Kaprodi), dan Wakil Dekan serta Dekan.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mempelajari strategi menyusun roadmap penelitian yang merupakan salah satu pondasi Rencana Induk Penelitian (RIP) yang selaras dengan visi dan misi pimpinan.

Baca Juga  Renungkan Arti Kasih, Pengorbanan, dan Kebersamaan, UKSW Gelar Lomba Menghias Salib

“Tahun ini kita akan menata ulang roadmap supaya dapat terukur dari tahun ke tahun. Selanjutnya, kita akan mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga akselerasi riset dan pengabdian masyarakat menjadi lebih cepat dan tepat sasaran,” terangnya.

Empat kiat

Sementara itu, Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom., menuturkan bahwa dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat dihasilkan roadmap yang tepat. Dengan roadmap yang tepat, penelitian yang dihasilkan juga diharapkan memiliki luaran yang jelas dan memberikan kontribusi pada permasalahan nasional dan internasional.

Disebutkan Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, selain bimtek penyusunan roadmap, berbagai upaya telah dilakukan UKSW untuk mendorong jumlah proposal lolos pendanaan Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Tahun 2024.

Baca Juga  Aksi Donor Darah UKSW Sukses Kumpulkan 43 Kantong Darah

“Upaya-upaya yang telah dilakukan UKSW diantaranya mengadakan bimtek proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pendampingan, fasilitas pendanaan internal dengan pengajuan proposal, serta intensif publikasi,” bebernya.

Sementara itu, dalam paparan materinya Prof. Dr. Suyanto yang merupakan guru besar dengan produktivitas yang tinggi di masa pandemi dapat menghasilkan puluhan jurnal terindeks scopus serta memperoleh berbagai paten dan hak cipta ini menuturkan empat kiat utamanya dalam publikasi. “Empat kiat itu adalah roadmap, team, time, dan juga tools,” bebernya.

Penulis buku dan juga novel ini juga mengungkapkan bahwa roadmap yang benar tidak selalu mengikuti kesenangan, minat dan passion tetapi untuk menjawab permasalahan tertentu. Roadmap yang benar juga harus memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan mempunyai arah dan target yang jelas, serta mengacu pada renstra institusi.

Baca Juga  Disaksikan Dua Rektor, Pastor Yulius Yasinto, Ketua Yapenkar Kupang Raih Gelar Doktor di UKSW Salatiga

Dalam kesempatan ini, sejumlah fakultas turut memaparkan roadmap yang telah dibuat untuk kemudian diulas oleh narasumber. Adapun lanjutan dari Bimtek ini, DRPM menggelar Bimtek Proposal Penelitian DRTPM 2024 khusus bagi Rumpun Sosial dan Humaniora, pada Kamis, (22/02/2024). Paparan materi mengenai Sosialisasi Panduan Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan DRTPM Tahun 2024 (Rumpun SosHum) dan Strategi Lolos Pendanaan DRTPM dibawakan oleh Dr. Victor Imanuel W. Nalle, S.H., M.H. (rls/humas-UKSW/kjr)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *