Presiden Jokowi akan ke Rumah Pengasingan Bung Karno, Dianugerahi Gelar Adat Ende, Lalu ke Bajawa

Polkam104 Dilihat

MEDIATORKUPANG.COM-ENDE—Selama berada di Flores, Presiden RI Joko Widodo punya beberapa agenda cpenting. Diantaranya sebelum menuju tempat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1 Juni 2022) di Lapangan Pancasila Ende, Presiden terlebih dahulu mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara.

Seusai Upacara Peringatan digelar, berdasarkan agenda yang diterima Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Presiden Jokowi direncanakan menuju ke Taman Perenungan Bung Karno dan disambut oleh Sejarawan Taman Perenungan Bung Karno.

Kemudian Presiden Jokowi akan mengunjungi Rumah Adat Ende dan disambut Tokoh Adat dari 21 Kecamatan dan juga para Tokoh Agama. Di Rumah Adat Ende tersebut, akan dilaksanakan Penganugerahan ‘Gelar Tua Adat Ende’ kepada Presiden Jokowi oleh Bupati Ende serta penampilan Tari Adat dan Pembuatan Tenun Ikat Ende.

Baca Juga  Luar Biasa, masyarakat Ende Sambut Meriah Calon DPD RI Maksimus Ramses Lalongkoe

Setelah itu Presiden akan mengunjungi Pasar Mbongawani Kabupaten Ende dengan juga dilaksanakan Penyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada Peserta Program Keluarga Harapan, Pedagang Kaki Lima, dan Pedangang Pasar.

Seusai meninjau Pasar Mbongawani Kabupaten Ende, Presiden  akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Ngada menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU untuk kemudian meninjau Pasar Bobou dan Kampus Bambu Turutego Kabupaten Ngada.

Reaksi warga beragam atas kunjungan ini. Sentis Mulu salah satu Masyarakat Kota Ende mengatakan kedatangan Presiden Jokowi ini membuat masyarakat Ende merasa senang dan bangga atas kehadiran beliau. “Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sore hari ini datang di Kota Ende. Kami tentunya merasa senang atas kehadiran beliau sebagai orang nomor 1 di negeri yang datang mengunjungi Kota Pancasila. Kesan saya, Bapak Presiden Jokowi adalah sosok yang benar-benar tulus dan bijak. Kami harapkan juga beliau bersama Pemprov NTT dan Pemkab Ende terus mendorong pembangunan terutama sektor pariwisata untuk terus menumbuhkan perekonomian di daerah ini,”ujar Sentis seperti tertuang dalam release Biro AP Setda NTT kepada media ini, Selasa malam.

Baca Juga  Perlu Kerja Kolaboratif Desain Pariwisata, Bupati Alor Puji Kinerja Gubernur-Wagub

Hal yang sama juga diungkapkan Alfa Sawa, salah seorang masyarakat Ende yang turut bangga atas kehadiran Presiden. “Saya sangat bangga sekali karena kehadiran Bapak Presiden ini memberikan spirit tersendiri bagi kami karena kita tahu bahwa beliau sangat memperhatikan pembangunan di wilayah Indonesia Timur salah satunya adalah Provinsi NTT dan juga Kabupaten Ende. Terima kasih Bapak Jokowi dan sukses untuk Upacara Peringatan Hari Pancasila besok,”kata Alfa. (***/AP/BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *