Pariwisata, Salah Satu Fokus Penunjang Ekonomi Masyarakat NTT

Polkam66 Dilihat

Kupang (MEDIATOR)— Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu  Laiskodat dalam pidato radio yang berlangsung di lantai IV aula Fernandez Kantor Gubernur, Senin (15/8) yang disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, menegaskan bahwa pariwisata adalah sektor unggulan di Provinsi NTT. Namun saat Seroja kemarin, sektor ini benar-benar terganggu. Namun itu tidak berarti pemerintah tinggal diam, melainkan penataan akan terus berlanjut.

“Penataan sarana dan prasarana serta penguatan kapasitas sumber daya manusia pelaku pariwisata, kuliner, akomodasi wisata dan pemandu wisata, perhotelan serta manajemen yang baik. Kita memiliki potensi yang luar biasa untuk mendatangkan turis dan investor sebanyak mungkin, beberapa daerah mendapat penghargaan dan pengakuan dunia,”tegas Nae Soi.

Tidak hanya itu melainkan  di bidang pertanian, dicanangkanlah Program TJPS (Tanam Jagung Panen Sapi) sebagai dampak modernisasi dan mekanisasi pertanian untuk meningkatkan produktifitas, meningkatkan ketahanan pangan ekonomi petani serta indeks pertanaman. Juga untuk meningkatkan  pendapatan petani dan peningkatan kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara di bidang peternakan, tetap berkontribusi memasok kebutuhan daging untuk mencukupi konsumsi daging nasional yang masih tergantung pada import, pemanfaatan lahan-lahan milik pemerintah daerah di beberapa daerah (Timor, Sumba ) dan mendorong serta kerjasama dengan masyarakat setempat dalam pengembangan sesuai kebutuhan lahan berupa peternakan dan pertanian.

Tak bedanya dengan bidang Infrastruktur, Nae Soi menjekaskan bahwa bidang  ini pun merupakan prioritas yang dari tahun ke tahun terus meningkat demi memperlancar akses dan percepatan ekonomi. Juga bidang Ekonomi Usaha Kecil Menengah yang terus berkembang pesat dengan berbagai inovasi di tengah tantangan namun tetap berusaha keluar menjawab situasi untuk terus maju.

Baca Juga  Yafet Rissy Sentil Peranan Gereja Songsong Tahun Politik

Di awal sambutannya, Nae Soi menegaskan bahwa sebagai bangsa yang merdeka, dengan suasana hati penuh sukacita menyongsong peringatan hari kemerdekaan ke 77 pada 17 Agustus 2022, dia atas nama Gubernur NTT mengucapkan selamat menyongsong hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 kepada seluruh lapisan masyarakat NTT. “Semoga negara kesatuan Indonesia menjadi kokoh dan jaya dalam menghadapi tantangan dengan mengusung tema besar Pulih lebih Cepat , Bangkit lebih kuat,”tegasnya.   (MAG1/Boy)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *