Membanggakan, Pemkot Kupang Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Metro116 Dilihat

Kupang (MEDIATOR)—Patut diacungi jempol.  Pemerintah Kota Kupang di masa kepemimpinan Penjabat Walikota Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE, M.Si meraih penghargaan dari Kementeria Keuangan RI sebagai Satker Kategori Penyaluran Dana TKD – DAK Fisik Terbaik I Kinerja Penyaluran Dana TKD – DAK Fisik.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kupang di Gedung Keuangan Negara Kupang kepada Perwakilan dari Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kupang Godlyfe S. R. Hawai, S.Kom, MM selaku Analis Pengelolaan Sistem Informasi Perbendaharaan pada hari Selasa, 27 Februari 2024.

Pada kesempatan tersebut selain Pemerintah Kota Kupang, terdapat Pemerintah Kabupaten Alor diperingkat kedua dan juga Pemerintah Provinsi NTT diperingkat ketiga yang juga menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan.

Baca Juga  Wali Kota Jeriko Rombak Kabinet, Ini Nama Kadis dan Pejabat Lain yang Dilantik

Atas prestasi ini, Penjabat Walikota Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE, M.Si menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi NTT, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kupang dan juga kepada seluruh Jajaran Pemerintah Kota Kupang, mulai dari Sekretaris Daerah, Para Asisten, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Bappeda, Inspektorat Kota Kupang dan semua Perangkat Daerah Pengelola DAK di Kota Kupang serta semua unsur terkait.

Masih menurut Fahrensy, hal ini tentu menjadi suatu kebanggan karena merupakan satu-satunya penghargaan terkait DAK dan Kota Kupang menjadi terbaik I untuk tahun 2023.

“Saya harapkan Apresiasi ini bisa menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik ke depannya serta mempertahankan yang telah diraih saat ini,”ungkapnya.

Baca Juga  Pemkot Kupang Gelar Sosialisasi Kewajiban Perpajakan Instansi Pemerintah Tahun 2023

Melalui penghargaan tersebut Pemerintah Kota Kupang dinilai berhasil dalam penyaluran dan pengelolaan dana DAK tahun 2023. Untuk diketahui Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementrian Keuangan kepada Satker terkait Kinerja dalam penyaluran dan pengelolaan Dana DAK Fisik.

Adapun beberapa kiriteria penilaian diantaranya adalah terkait ketepatan dan kecermatan dalam pelaporan dana DAK oleh Perangkat Daerah Pengelola DAK Fisik tahun 2023. Penilaian tersebut dilakukan melalui aplikasi dari Kementrian Keuangan.

Dan dalam penyaluran Dana DAK Fisik terdapat tiga tahapan yang harus dilalui dan dalam setiap tahapan tersebut terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi, seperti untuk dapat melakukan pencairan tahap pertama wajib melengkapi laporan tahun sebelumnya yang sudah di review oleh Inspektorat Kota Kupang dan untuk melalukan pencairan tahap kedua wajib melengkapi Laporan tahap pertama seperti itu juga untuk tahap yang ketiga. (RLS/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *