Kemenangan Prabowo-Gibran Diakui Internasional, Presiden Amerika Kirim Ucapan Selamat

Internasional51 Dilihat

Jakarta (MEDIATOR)–Presiden Joe Biden menyampaikan ucapan selamat atas unggulnya capres Prabowo Subianto dalam penghitungan sementara KPU. Surat yang ditandatangani Biden tersebut tertanggal 12 Maret lalu, dan disampaikan langsung Duta Besar AS untuk ASEAN, Yohannes Abraham.

“Dalam suratnya, Biden menyebut dirinya ‘menanti pengumuman resmi’. Prabowo, melalui akun Instagramnya, mengamini ucapan Biden dalam surat akan keunggulan sementaranya dalam penghitungan,”demikian dilansir VOA Indonesia dalam fanpage mereka di FB. Untuk diketahui bahwa pasangan Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi dalam Pilpres RI, 14 Februari 2024 kemarin, dan angka kemenangannya fantastis, yakni 58 persen dan menang mutlak di 21 provinsi di Indonesia. Bahkan, jumlah pemilih yang menentukan kemenangan Prabowo-Gibran ini tertinggi untuk pemilihan kepala negara di dunia.

Masih dilansir VOA Indonesia, tahun ini, hubungan diplomatik AS-Indonesia mencapai usia 75 tahun — hal ini pula yang disebut Biden dalam suratnya, termasuk menggarisbawahi peran Prabowo sebagai Menhan yang menurutnya ‘krusial’ dalam masa depan Indo-Pasifik.

Pertengahan Februari lalu, jubir Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby masih enggan mengucapkan selamat kepada pasangan yang unggul saat itu dan mengaku ‘akan mengucapkan selamat pada waktu yang tepat’. Saat itu, VOA menanyakan apakah pemerintahan Biden ‘nyaman’ dengan rekam jejak Prabowo. Kirby mengklaim bahwa ‘HAM adalah hal yang paling mendasar dari kebijakan luar negeri Biden’.

VOA lalu menanyakan kembali kepada Kirby pada awal Maret. Kirby hanya mengucapkan selamat atas suksesnya pemilu Indonesia dan mengaku siap melanjutkan kerja sama dengan Prabowo jika akhirnya terpilih sebagai presiden. Gedung Putih mengaku ‘memantau dan mengamati keunggulan Prabowo secara signifikan’.

Baca Juga  Prabowo Disematkan Baret Jingga Komando Pasukan Gerak Cepat TNI AU

Saat ini, KPU masih melakukan rekapitulasi suara pilpres secara nasional di tingkat provinsi, yang tenggat waktu pengesahannya paling lambat 20 Maret nanti.

Beberapa hari sebelumnya, Prabowo juga mendapatkan ucapan selamat dari pemimpon dunia lainnya. Salah satunya adalah sahabat dekatnya, pemimpn tertinggi Yordania. Dan ini diunggah oleh Prabowo di akun Facebook miliknya seperti dikutip Mediatorkupang.com.

“Saya sangat terhormat menerima ucapan selamat atas hasil sementara pemilu dari sahabat saya, Yang Mulia Raja Abdullah II dari Yordania. Kita berkomitmen untuk terus memperkuat persahabatan dan kerjasama antara kedua negara. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala selalu melimpahkan berkah dan rahmat-Nya untuk Raja Abdullah II beserta keluarga dan saudara-saudari kita di Yordania..” (VOA/NET/KJR)

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *