Bobby Lianto: Free Trade Zone RI-Timor Leste Sangat Menguntungkan NTT

Ekonomi45 Dilihat

MEDIATORKUPANG.CM, KUPANG—Ketua asosiasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) NTT, Bobby Lianto, MBA menyambut baik adanya pembicaraan serius antara Presiden Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Jose Ramos Horta dengan Presiden RI Joko Widodo di Jakarta mengenai kerjasama di bidang ekonomi. Dan ditindaklanjuti pertemuan antara Horta dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Labuan Bajo, pekan kemarin. Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Ketua KADIN NTT itu, dibahaslah mengenai free trade zone.

“Pada tanggal 21 Juli lalu, kita dari NTT diundang menghadiri pertemuan antara KADIN Indonesia yang dipimpin Pak Arsjad Rasjid, melakukan MoU dengan Camara Do Comercio Industria (Kadin Timor Leste) yang dipimpin ketuanya bapak Oscar Lima, di hadapan Pak Ramos Horta di La Meridien Jakarta. Disitu ada pembahasan tentang hubungan bilateral dan investasi di Timor Leste. Dalam hal ini KADIN NTT sebagai provinsi yang bertetangga langsung, yang menjadi prioritas dalam MoU ini adalah free trade zone dan hasilnya di Labuan Bajo kita bertemu lagi dalam satu kapal Pinisi bersama gubernur serta rombongan lalu kita membahas, mematangkan tentang free trade zone,”tegas Bobby di Kupang, Senin (25/7).

JELASKAN. Bobby Lianto menjelaskan kepada Ramos Horta, dalam pertemuan di Labuan Bajo.
Foto: Dok. KADIN NTT

Menurutnya, saat itu Horta menyampaikan bahwa pihaknya segera membentuk tim khusus, dan mereka sedang menyiapkan segala kebutuhannya. Mereka akan melakukan rapat terlebih dahulu agar ada komunikasi kedua belah pihak.

“Bagi kita dengan adanya free trade zone ini sangat menguntungkan NTT dan Timor Leste karena itu akan membuka jendela kita ke pasar dunia yakni ke Timor Leste dan sebaliknya Timor Leste ke NTT,”ujar Bobby. dia berharap agar nantinya dengan free trade zone ini akan mengangkat ekonomi dari pulau Timor.

Bobby pun menambahkan, tentang kedatangan Horta ke La Moringa, Minggu (24/7), pihaknya mengundang orang nomor satu di Timor Leste itu untuk melihat produk UMKM dan coklat Ghaura dimana kedepan mereka akan membuat coklat dari biji kakao yang dipetik dari Timor Leste.

Baca Juga  Bupati TTU Panen Hortikultura Urban Farming, Bank NTT Siap Garap Lahan Pemda yang Kosong

“Beliau sangat meresponinya dan kunjungan ini adalah sebuah kehormatan, dan KADIN NTT sudah membangkitkan UMKM. Beliau mengundang kita buka La Moringa dan serta coklat Ghaura di Dili dan jika Tuhan berkenan maka tahun depan kita berinvestasi di Timor Leste,”pungkas Bobby. (BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *