Agustus, KADIN NTT Roadshow ke Australia Bawa Produk UMKM dan Jajaki Sister City

Ekonomi80 Dilihat

MEDIATORKUPANG.COM, KUPANG—Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) NTT, Bobby Lianto, menjadwalkan pada awal Agustus mendatang akan melakukan berbagai agenda diantaranya roadshow ke Australia membawa serta aneka produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari NTT.

Pernyataan ini disampaikannya Rabu (27/7/2022), saat menggelar konferensi pers bersama awak media di kantor KADIN NTT, di bilangan Oepoi Kupang.  Saat itu Bobby didampingi Direktur Executive KADIN NTT, Mercy Siubelan. “Kamis 28 Juli besok saya akan berangkat lebih dulu menuju Sidney dan roadshow akan dilakukan mulai 1 – 5 Agustus 2022 dengan kota yang disinggahi yakni Canbera, Sidney, Melbourne dan Perth. Saya kesana tidak sendirian melainkan bersama tim dari KADIN yakni Yusak Benu bersama ibu Novi, Leimena Jiao, Helda Lianto serta ketua KADIN Sumba Timur, pak Elvis Karwelo,”tegas Bobby.

Yang akan dibawa ke Australia adalah aneka produk UMKM dari NTT dan  jika bisa maka kedepan akan dieksport ke sana.  Yang diharapkan oleh KADIN menurutnya adalah produk UMKM bukan hanya berkonsentrasi pada pasar dalam negeri melainkan luar negeri. Kita perkuat di daerah dan khusus Indonesia tapi ini sebagai bagian dari terobosan, makanya kita buat gerakan cinta produk NTT,”ujar Bobby.

Baca Juga  Hari Ini Bobby Lianto Teken MoU di Depan Ketum KADIN Indonesia dan Dubes RI, di Canbera

Yang dilakukan KADIN NTT saat ini juga sebagai kurasi baik standar internasional sehingga mendorong UMKM untuk bergerak secara profesional sebagai suatu semangat dan menunjukan NTT juga bisa serta sudah layak eksport.

Dilanjutkannya,  pada 1 Agustus nanti di Canbera, pihaknya akan melakukan pertemuan bisnis to bisnis dengan camber of commerc Australia dan sudah diselipkan agenda khusus KADIN NTT akan ada tiga agenda yakni penandatangan MOU importir ke Australia diantara Coklat Gaura. Kedua, launching Produk Coklat Gaura yakni Malaka Beans’ (biji Kakao dari Malaka) dan ketiga, akan ada pembahasan mengenai sister city.

Terkait sister city, beberapa bupati diantaranya bupati Sikka dan Sumba Barat Daya memberikan wewenang kepada KADIN NTT sebagai leason officer, untuk mengkomunikasikan dengan pemerintah Australia guna mencarikan kota kota yang bisa diajak kerjasama dengan kota kota di NTT dengan memberikan profil kota serta video pendukung lainnya. Sejauh ini sudah ada komunikasi dan pihak pemerintah Australia menyambut baik dan akan ditindaklanjuti antar pemerintah.

Baca Juga  Didampingi Gubernur VBL, Menhub Resmikan Kapal Wisata Terbaik, Dioperasikan di Labuan Bajo, Riung, Alor

Sister city ini diajukan oleh KADIN NTT untuk pemerintah Australia dengan bahasa Inggris yang pada intinya adalah, antara Kota Kupang dan Darwin sudah terhubung sangat lama dibuktikan dengan warga NTT yang hidup di Australia Utara. Lagipula jarak tempuh penerbangan sehingga pihaknya mendorong adanya sister city untuk mendukung  penerbangan Kupang-Darwin.

Lagipula kerja sama sister city ini akan mendasar dan spesifik pada lima hal, yang pertama pendidikan, kolaborasi sekolah sekolah di NTT dan Australia dengan adanya Scholarship  (beasiswa). Dengan standar dan jalur pendidikan sesuai kompetensi aturan persyaratan yang berlaku serta adanya study exchange (pertukaran pelajar) yang sudah pernah dilakukan, diyakini akan sangat membantu pendidikan di NTT. Sementara di bidang kesehatan, adanya kerjasama antar Rumah Sakit, antar dokter, antar alat kesehatan serta bantuan medis lainnya.

Baca Juga  Pelatihan Holtikultura dari Program Desa Berdaya PLN UIP Nusra untuk Warga Sekitar PLTP Ulumbu di Poco Leok

Ketiga, bidang pariwisata dan sosial budaya. Pariwisata berkembang pesat dan dengan adanya akses penerbangan langsung Kupang-Darwin sangat terbuka maka para turis langsung ke Kupang tanpa harus melalui pulau lain di luar NTT.

“Inilah keempat bidang perdagangan, mimpi kita kedepan pelabuhan Tenau bisa ada kapal Australia – Kupang, dikarenakan proses dagang dan bongkar muat cargo kita membutuhkan import-ekspor jalur laut sehingga adanya kerjasama kita akan berkembang pesat dan maju,”ujar Bobby merinci point terakhir yakni di bidang olahraga dalam hal ini tinju, billiard dan tentu olahraga lain yang akan dibicarakan serta digalakkan terus. (MAG1/BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *