UKSW Jadi Top Source Lulusan yang Diincar Perusahaan Dalam Pekan Rekrutmen

INFO UKSW142 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar Pekan Rekrutmen (PERMEN). Digelar secara rutin sebagai bagian dari program Career Fest 2024, PERMEN diadakan sebagai jembatan untuk lulusan UKSW dan pencari kerja lainnya untuk mencari pekerjaan.

Mengusung tema Find Your Career Path, PERMEN diadakan mulai Senin (29/01/2024) hingga Rabu (07/02/2024) secara luring di Gedung G UKSW maupun secara daring. Tercatat hingga hari ini, Sabtu (03/02/2024) terdapat ratusan peserta PERMEN mengikuti seleksi tes maupun wawancara secara luring.

Diikuti oleh 21 perusahaan serta lembaga pendidikan, tersedia sedikitnya 203 posisi pekerjaan bagi lulusan SMK, D3, D4, S1, juga S2. Berbagai perusahaan tersebut bergerak di beragam bidang seperti manufaktur, jasa layanan kesehatan dan farmasi, elektronik, teknologi informasi, otomotif, retail, hutan tanaman industri, dan lainnya.

Ditemui di sela penyelenggaraan PERMEN, Kepala Bagian Pengembangan Karier dan Kealumnian Theresia Evy Yeniarti, S.E., menyampaikan bahwa peserta perusahaan kali ini berasal dari Kudus, Jakarta, Surabaya, Tangerang, Sukoharjo, Bandung, Surabaya, Solo, hingga Balikpapan.

Baca Juga  UKSW Hadirkan Alisjahbana Haliman, Perkaya Mahasiswa dengan Konsep Value Creation

Perusahaan tersebut antara lain PT. Sysmex Indonesia, PT. Hidup Baru Plasindo, PT. Sumber Sarana Putra, Duniatex Group, PT. Metrodata Electronics, Tbk, Al-Irsyad Satya Islamic School, PPPK Petra, PT. Flora Nuansa Hijau, RS. dr. Oen Solo Baru, BPK Penabur Jakarta, dan lainnya mengikuti PERMEN secara luring. Sedangkan PT. Djarum, Sekolah Cikal, PT. Siwali Swantika, Yayasan Citra Berkat Ciputra Group, PT. Astra International Daihatsu Sales Operation, dan lainnya mengikuti PERMEN secara daring.

Theresia Evy Yeniarti menyatakan bahwa selain mengirimkan dokumen untuk diseleksi, pencari kerja juga dapat langsung mengikuti tes maupun interview. “Pencari kerja dapat memanfaatkan PERMEN ini dengan sebaik-baiknya karena gratis dan juga terbuka untuk umum. Registrasi secara online dilakukan dengan cepat dan pencari kerja dapat fokus pada lowongan pekerjaan yang diminati,” ungkapnya.

Tak hanya menyediakan perusahaan yang bonafide bagi pelamar kerja, PERMEN juga menggelar Career Workshop Series yang memberikan tambahan ilmu bagi lulusan dan mahasiswa.

Top source

Wakil Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PPPK Petra Yusuf Sutandio mengungkapkan bahwa saat ini dibuka 9 posisi pekerjaan yang ditawarkan dengan jumlah sekitar 30 pekerja. Diungkapkannya, dari beberapa pelamar kerja yang sudah mengikuti seleksi tes maupun wawancara, 90% diantaranya merupakan kandidat yang memenuhi kriteria.

Baca Juga  Ternyata Asyik Kuliah di UKSW Salatiga, Setiap Tahun Fasilitasi Rp 20 M Beasiswa Bagi Ribuan Mahasiswa
Pencari kerja mengikuti seleksi tes dan wawancara dalam Pekan Rekrutmen (PERMEN) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).
Foto: Humas UKSW/Mediatorkupang.com

“Saat ini UKSW masih menjadi top-source untuk perekrutan kami. Setiap tahunnya, kurang lebih 10-20% guru dan karyawan yang kami rekrut merupakan lulusan UKSW. Bahkan beberapa diantaranya menjadi Kepala Sekolah,” tuturnya.

Mengenai etos kerja lulusan UKSW yang telah bekerja di PPPK Petra, Yusuf Sutandio menyebut bahwa lulusan UKSW memiliki passion yang matang dan kuat sebagai guru. Selain itu, mereka juga memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi serta latar belakang yang mendukung kepribadian seorang guru. Hal itulah yang menjadi alasan PPPK Petra selalu ingin mendapatkan kandidat terbaik dari UKSW.

Tak jauh berbeda, Human Resource & General Affair Manager PT Sumber Sarana Putra Merlin Flavor juga mengungkapkan bahwa perusahaannya telah berkali-kali mengikuti PERMEN. Perusahaannya juga telah mengincar beberapa kandidat lulusan UKSW yang berpotensi untuk bergabung. “Beberapa kandidat akan kami ajukan ke user karena berpotensi dan memenuhi kriteria kami,” jelasnya.

Baca Juga  Terbukti Berkualitas, S2 Administrasi Pendidikan UKSW Raih Akreditasi Unggul 

Kepuasan tidak hanya dirasakan penyedia kerja namun juga pencari kerja. Anggit Kurnia Alfiati Devytasari misalnya, ia membagikan kesannya mengikuti seleksi pekerjaan di PERMEN UKSW. “Menyenangkan, saya mendapat kesempatan untuk langsung mengikuti dua tes dalam sehari, melihat company profile dan juga gambaran pekerjaan yang akan dijalani jika diterima nanti,” beber wanita asal Yogyakarta yang melamar sebagai Management Trainee di PT Sumber Sarana Putra.

Tak kalah antusias, Dewa Ayu Nyoman Erisanti juga merasakan hal serupa setelah mengikuti tes di PPPK Petra. “PERMEN UKSW memberikan wadah untuk mencari kerja dengan cepat, tertata dan rapi. Pencari kerja dapat tes secara langsung sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” terang lulusan Fakultas Psikologi yang diwisuda akhir Januari lalu ini.

PERMEN UKSW masih akan berlangsung hingga Rabu pekan depan. Informasi mengenai jadwal perekrutan dan juga perusahaan yang bergabung dapat diakses melalui https://jobfair.uksw.edu/ atau menghubungi DKK UKSW di nomor 082137978485 atau email dkk@uksw.edu. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *