SALUT…UKSW Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Studi Pembangunan

INFO UKSW40 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akan menggelar Konferensi Internasional Studi Pembangunan bertema, “Global and Local Innovation for Sustainable Development Embracing Uncertainty and Disruptive Future” pada 19 dan 20 November 2024.

“Konferensi di UKSW November nanti, merupakan salah satu keputusan Rapat Kerja Nasional Development Studies Association Indonesia (DSA-Indonesia), yang berlangsung di Bandung, tahun 2023 di mana Fakultas Interdisiplin (FId) UKSW dan Center for Sustainable Development Studies (CSDS) sebagai penyelenggara. Satu hari sebelum pelaksanaan konferensi, akan digelar Rapat Kerja DSA-Indonesia 2024,” jelas Ketua Panitia Konferensi Yesaya Sandang, Ph.D., Rabu (27/03/2024).

Menurut Yesaya Sandang, penyelenggaraan 2 kegiatan besar tersebut di UKSW menjadi penanda pengakuan atas kontribusi dan kualitas pendidikan yang diberikan oleh UKSW dalam bidang studi pembangunan.

Baca Juga  Apresiasi dari Ditjen Dikti Ristek untuk Pdt. Izak Y. M. Lattu, Ph.D.: Sosok Visioner dari UKSW yang Menginspirasi Dunia Akademik

“Satu catatan penting, konferensi internasional sendiri, baru pertama kalinya diselenggarakan oleh DSA-Indonesia. Tentu ini sebuah kebanggaan bagi UKSW,” lanjutnya.

Mengenai maksud tema yang diangkat, Yesaya Sandang menjelaskan bahwa kota-kota dan negara-negara berkembang menghadapi tantangan dan gangguan yang sangat besar. Di tengah ketidakpastian ini, Konferensi Internasional tentang Inovasi Global dan Lokal untuk Pembangunan Berkelanjutan diadakan.

“Tujuannya untuk mengumpulkan akademisi, profesional, dan kolega dari berbagai disiplin ilmu untuk berkolaborasi dan menyambut masa depan”, tuturnya.

Terdapat sembilan subtema yang disajikan dalam konferensi tersebut, yakni Partisipasi, Globalisasi, Manusia, Teknologi, Ekonomi, Spasial/Lokalisasi, Infrastruktur dan Lingkungan, Keuangan, dan Keamanan (Security).

Konferensi dimulai dengan sesi pembicara kunci, di mana akan menghadirkan pembicara-pembicara utama yang berpengaruh. Sesi ini memberikan panggung untuk para intelektual yang berwawasan luas.

Baca Juga  UKSW Jadi Top Source Lulusan yang Diincar Perusahaan Dalam Pekan Rekrutmen

Setelah sesi tersebut, ada sesi-sesi lanjutan, yang digunakan para peserta konferensi untuk berpartisipasi dalam beberapa sesi paralel berdasarkan subtema. Lokakarya dan panel interaktif juga akan memberikan lahan subur bagi pemecahan masalah secara kolaboratif, serta bersama-sama menyoroti solusi inovatif terhadap keprihatinan global.

Yesaya Sandang mengundang mahasiswa, dosen, ataupun peneliti, dimanapun berada, untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. “Seleksi abstrak sudah dibuka, dan kami tunggu hingga 31 Mei 2024. Informasi lebih lanjut dapat dibaca lebih jelas di situs resmi FId UKSW (fid.uksw.edu) serta IG FID (@fid.uksw)”, tutupnya. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *