Prabowo Menteri Terbaik, Elektabilitas Nomor 1

Polkam35 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Jakarta

Siapa sangka, ternyata diam-diam Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mendulang sukses dalam beberapa survei lembaga terpercaya tanah air. Terakhir, survei yang dilakukan oleh Political Weather Station, menyebutkan bahwa Prabowo kembali berada di peringkat teratas survei nasional terkait elektabilitas calon presiden.

Political Weather Station melaporkan bahwa ketua umum Partai Gerindra itu dipilih sebagai presiden oleh 22,9% responden. Di bawahnya ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang mendapat 19,9%, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 19,8%.

“Nama Prabowo Subianto di puncak elektabilitas relatif belum tergoyahkan sejak lembaga-lembaga survei mainstream merilis hasil survei capres sejak setahun yang lalu,” kata peneliti senior PWS Mohammad Tadzi dalam pemaparan hasil survei secara daring, Jumat (4/2), seperti dilansir oleh JPNN.com.

Alasan lain yang dikemukakan Tadzi mengapa nama Prabowo masih menempati posisi tertinggi di kancah survei nasional untuk faktor elektabilitas, karena posisi Menteri Pertahanan dan dianggap memiliki rekam jejak kinerja yang lebih baik. Posisi ini juga memberikan nilai lebih terhadap Prabowo Subianto dibadingkan Ketua Umum partai politik lainnya.

“Dibanding nama ketua umum partai politik lainnya, nama Prabowo sejauh ini memang nampak paling menonjol,”imbuhnya. Sementara itu, beberapa nama tokoh lain juga masuk ke dalam radar survei ini. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum tergeser dari puncak daftar capres dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei 1.
Mereka adalah, Menparekraf Sandiaga Uno yang hanya mendapatkan 8,7%, kemudian nama Gubernur Jawa Barat Moammad Ridwan Kamil yang mendapat 7,5%, disusul Komisaris Utama PT Pertamina Persero Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mendapat 4,1%.

Baca Juga  Gerindra tak Setuju Wacana Tunda Pilpres 2024, Prabowo: Kita Hormati Konstitusi

Selanjutnya Menteri BUMN Erick Thohir mendapat 2,7%, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat 2,5%, Kepala KSP Moeldoko sebanyak 2,4% dan mantan Panglima TNI Garot Nurmantyo 1,5%. Kemudian ada nama Menko Polhukam Mahfud MD sebesar 1,2%. Selain elektabilitas, PWS juga mengukur seberapa besar tingkat keterkenalan para tokoh tersebut di mata masyarakat.

Lagi-lagi, nama Prabowo Subianto berada di tangga teratas. Menteri Pertahanan itu mendapatkan 94,2%. Kemudian disusul oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang masih bersaing ketat, yakni Anies mendapatkan 92,9%, sementara Sandi mendapat 92,2%.

Keduanya kemudian disusul oleh Ganjar Pranowo yang mendapat 89,8%, kemudian Ridwan Kamil sebanyak 87,8%. Masih soal tingkat popularitas, nama Ahok mendapatkan 84,5%, kemudian Puan Maharani 81,6%, AHY mendapatkan 78,2%, Mahfud MD mendapat 71,7%. Selanjutnya Moeldoko dan Erick Thohir mendapat perolehan persentase yang sama yakni 62,2%.
Lalu disusul oleh Gatot Nurmantyo sebesar 54,5%, Muhaimin Iskandar dapat 52,7%, Airlangga Hartarto 50,3% dan La Nyalla mendapat 35,5%. “Data ini memperlihatkan bahwa tokoh-tokoh yang pernah ikut kontestasi Pilpres maupun Pilkada seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo, serta Ahok cenderung memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi daripada tokoh-tokoh yang belum pernah mengikuti kontestasi,”paparnya.

Baca Juga  Gubernur Tidak Mau Wariskan Masalah Bagi Penerusnya

Bukan cuma mengukur elektabilitas dan popularitas, PWS juga mencari tahu bagaimana pendapat publik tentang kinerja para menteri yang saat ini bertugas. Dari riset yang dilakukannya, masih seperti dilansir JPNN.com, PWS menemukan bahwa Prabowo Subianto dianggap sebagai Menteri dengan kinerja terbaik dengan perolehan sebanyak 15,1%. Berikutnya sebanyak 14,5% menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kemudian sebanyak 13,5% menyebut nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kemudian 11,1% menyebut nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Setelah itu nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sosial Tri Risma Harini masing-masing dipilih oleh 7,8% responden.

Selanjutnya muncul nama Panglima TNI Andika Perkasa yang dinilai oleh 5,6% responden sebagai pejabat setingkat menteri yang berkinerja paling baik, disusul nama Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono masing-masing oleh 4,5% responden.
Lalu 4,3% menyebut nama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Setelah itu ada nama-nama seperti Mendagri Tito Karnavian mendaoat 2,5%, Menko Polhukam Mahfud MD 2,1%, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1,5%, dan terakir Menpora Zainudin Amali 1,4%.

Baca Juga  Prabowo Tertinggi, Disusul Ganjar, Ada Nama Ahok di Posisi Enam

“Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di posisi teratas disamping faktor objektif kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan, juga tidak lepas dari masih loyalnya banyak pendukung Ketua Umum Gerindra itu pada Pilpres 2019 lalu. Hampir semua responden yang mengaku pemilih Partai Gerindra pada Pemilu 2019 juga menyebut nama Prabowo sebagai menteri yang berkinerja baik,”terangnya.

Perlu diketahui, bahwa riset PWS ini dilakukan pada 13 sampai 23 Januari 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1.421 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling). Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan aplikasi google form. (dil/jpnn/MSC01)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *