KADIN NTT Buktikan Komitmen, Eksport Perdana Produk UMKM ke Luar Negeri

Ekonomi44 Dilihat

MEDIATORKUPANG.COM, KUPANG-Bukan sekedar isapan jempol belaka, asosiasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi NTT menepati janjinya, dengan mengeksport perdana aneka produk kreasi UMKM NTT ke luar negeri yakni Timor Leste. Pengiriman ini menindaklanjuti pertemuan bilateral bersama CCI, atau lembaga yang menaungi pengusaha Timor Leste, Mei lalu  terkait keputusan dan kerja sama sampai pada tahapan eksport produk NTT.

Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto bersama Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT, Kamis (16/6) siang bertempat di halaman depan kantor gubernur NTT,  melepas produk UMKM yang dikawal Cristian Samara, Ketua  Komunitas Komodo MOGE (Motor Gede) Harley Davidson. Club ini menyiapkan 15 unit sepeda motor, yang akan diberangkatkan melalui jalan darat.

Christian Samara yang juga wakil ketua bidang ekonomi KADIN NTT, berterimakasih kepada Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat serta semua pihak yang mendukung hingga NTT bisa mengeksport produk UMKM ke luar negeri. Dia memohon doa agar semua berjalan dengan baik. Selain mengawal ekspor produk UMKM NTT, juga ada penandatanganan MOU bersama komunitas Motor di Tiles sebagai simbol kerjasama dan sebagai ajang promosi pariwisata NTT.

Bobby Lianto dalam sambutannya yang diawali dengan ‘Salam Kebangkitan Ekonomi NTT’ mengisahkan awal pertemuan KADIN NTT dengan CCI Timor Leste dan beberapa supermarket yang siap mensupport dan komitmen kerja sama memberikan rak paling depan untuk semua prodak asli UMKM NTT.

Baca Juga  BAN-PT Kirim Tim ke Kupang, Lakukan Asesmen Lapangan AIPT Undana

“Ini adalah perdana, dan kita menyaksikan produk NTT Go Internasional dieksport ke Dili – Timor leste. Dan bukan saja diekspor tapi dikawal oleh langsung kawan-kawan Komodo MOGE dan akan disambut oleh Pak Bupati Belu dan selanjutnya terima oleh rombongan Komunitas MOGE di Tiles,”tegas Bobby yang baru saja kembali dari Singapura, mengikuti pertemuan G20 dan sekaligus mempromosikan UMKM NTT itu.

Bobby menambahkan bahwa selama ini cuma barang barang mentah yang dikirim, namun saat ini sebuah gerakan bersama untuk mengkampanyekan ‘Gerakan Cinta Produk NTT’ yang sudah dikelola dalam kemasan layak ekspor .  “Kita menjadi saksi sejarah dari ekspor perdana ini serta langkah berani menjadi kebanggaan bersama,”tambah Bobby. Produk yang diekspor perdana ini berupa coklat Gaura, kelor dalam bentuk kopi, teh serta serbuk kelor, daging, serta olahan pangan lokal lainnya.

Baca Juga  Stenly Boymau Pimpin IARMI Kota, George Hadjoh Pesan Junjung Solidaritas Bangun Kupang

Chris Samara menambahkan produk yang dibawa bermacam-macam mencapai 2000 produk dari 14 UMKM.  Sementara Gubernur NTT dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan NTT, Nazir Abdullah memberi apresiasi kepada KADIN NTT yang sudah mencatat sejaraah baru baagi perekonomian NTT. (MAG1/BOY)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *