Christina Ariadne Sekar Sari Raih Gelar Doktor Manajemen di FEB UKSW, Beri Kontribusi pada UMKM

INFO UKSW127 Dilihat

Salatiga (MEDIATOR)–Christina Ariadne Sekar Sari, berhasil menyelesaikan perjalanan akademisnya dengan meraih gelar Doktor Manajemen. Gelar ini resmi disandangnya melalui Yudisium Program Studi (Prodi) Doktor Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Jumat (05/04/2024). Pencapaian ini diperolehnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3.97 dan predikat cumlaude.

Gelaran Yudisium diadakan di Ruang Probowinoto Gedung G UKSW dengan dipimpin oleh Dekan FEB Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, S.E., M.Si., Akt. Yudisium juga dihadiri oleh Promotor Prof. John JOI Ihalauw, S.E., Ph.D., Co-promotor Albert Kriestian Novi Adhi Nugraha, S.E., M.M., Ph.D., dan Dr. Hani Sirine, S.E., M.M., serta penguji Yenny Purwati, S.E., MBA., Ph.D., dan Roos Kities Andadari, S.E., MBA., Ph.D.

Yudisium Christina bukanlah sekadar sebuah pencapaian akademis biasa. Lebih dari itu, ia mendedikasikan studi doktoralnya untuk memahami dan menganalisis peran strategis media sosial dalam mendukung keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masa krisis, khususnya selama pandemi COVID-19.

Baca Juga  Prof Intiyas Ungkap Jejak UKSW Hadirkan Live Laboratory di Lereng Kelimutu-NTT Saat Pertemuan dengan Wamendes

Hal ini dilakukannya melalui disertasinya yang berjudul “Pengaruh Social Customer Relationship Management pada Kinerja Bisnis UMKM Melalui Kapabilitas Inovasi, Kapabilitas Pemasaran, dan Kinerja Keterbukaan Pelanggan (Studi pada Industri Kreatif di DKI Jakarta)”.

Ibu tiga orang anak ini telah menunjukkan bahwa keberhasilan dalam karier akademis dan profesional tidak harus mengorbankan peran sebagai seorang ibu dan pasangan. Dengan semangat yang tak kenal lelah, Christina mengatasi berbagai tantangan untuk mencapai gelar Doktor Manajemen, hingga mencapai gelar doktor di usianya yang menginjak 53 tahun.

Pandangan Berharga Bagi UMKM

Sebagai seorang akademisi dan praktisi bisnis yang berpengalaman, Christina menjelaskan bahwa Social Customer Relationship Management (SCRM) memiliki dampak yang signifikan pada kinerja bisnis UMKM, terutama dalam meningkatkan kapabilitas inovasi, kapabilitas pemasaran, dan kinerja keterhubungan pelanggan.

Baca Juga  Siswa  Sekolah Kristen Satya Wacana  Borong 16 Medali di Kompetisi Sains Tingkat Nasional 
Foto bersama dengan keluarga dalam gelaran Yudisium Prodi Doktor Manajemen FEB UKSW atas Christina Ariadne Sekar Sari , Jumat (05-04-2024).
FOTO; HUMAS UKSW/Mediatorkupang.com

Dalam situasi krisis ekonomi, terhubungnya pelanggan menjadi kunci dalam beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasar, dan SCRM adalah hal yang efektif dalam membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Dengan demikian, disertasi Christina tidak hanya menghasilkan kontribusi dalam literatur SCRM, tetapi juga memberikan pandangan yang berharga bagi praktisi bisnis dan pemilik UMKM tentang pentingnya pemanfaatan media sosial dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama selama krisis.

Dalam kesempatan ini, Dr. Yefta Andi Kus Noegroho memberikan ucapan selamat atas gelar doktor yang baru saja Christina raih. “Terima kasih untuk Dr. Christina dan keluarga yang telah memberikan dukungan. Baik Dr. Christina dan para promotor dan co-promotor telah melakukan kolaborasi baik sehingga budaya keilmuan yang baik dapat kita bangun,” tuturnya,

Baca Juga  Kelas Internasional FEB UKSW Gandeng Keio University Jepang Gelar Summer Hideaway

Lebih lanjut, ia berharap bahwa pencapaian ini bukan akhir dari segalanya. Dr. Yefta Andi Kus Noegroho berharap Dr. Christina yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana ini dapat menjadi rekan dan kolega yang baik dalam mengembangkan FEB, khususnya Center for Micro and Small Enterprise Dynamics (CEMSED) yang juga bergerak dalam bidang UMKM.

“Sudah banyak karya yang dihasilkan bahkan sederet penelitian dan publikasi. Jadi harapannya masih ada karya-karya ke depan yang dihasilkan oleh Dr. Christina,” pungkasnya. (RLS/HUMAS-UKSW/KJR)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *