Jika Pemilu Hari Ini, Publik akan Pilih Caleg PDIP, Disusul Demokrat, Golkar, Gerindra dan PKB

Polkam32 Dilihat

MEDIATORSTAR.COM, Jakarta

Peta politik di tanah air bakal berubah. Pasalnya, jika selama ini dalam berbagai survei, PDI Perjuangan selalu betengger di urutan paling atas dan rivalnya jauh di bawah, maka ternyata tidak lagi. Berdasarkan hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menunjukkan hasil mengejutkan.

Elektabilitas Partai Demokrat berada di urutan kedua dengan mengantongi 18,83 persen. Perolehan tersebut membayangi elektabilitas PDI Perjuangan yang berada di urutan pertama. “Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sukses mengungguli partai politik lain dengan 24,92 persen,” ujar Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (10/12), demikian dilansir oleh JPNN.com.

Baca Juga  Demonstran Langgar Prokes, IARMI Minta Polda NTT Tegas

Menurut dia, jika pemilihan legislatif (pileg) dilakukan saat ini, maka publik akan menjatuhkan pilihannya pada PDIP. Kemudian, disusul Partai Demokrat pada urutan kedua yang melejit dengan 18,83 persen dan posisi ketiga Partai Golkar yang mendapatkan 13,09 persen.

Selanjutnya, Partai Gerindra kembali menguat pada posisi keempat dan meraup 10,5 persen. Kemudian posisi kelima Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapatkan 10,25 persen. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6,5 persen dan Partai NasDem meraih 5,75 persen.

“Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 3,66 persen, sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mendapatkan 2,92 persen dan 3,58 persen yang memilih parpol lainnya,” kata Herry. Hasil survei ini merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA 2021 setelah sebelumnya merilis survei ketiga pada September 2021. Survei CISA dimulai sejak 1-7 Desember 2021 yang menyasar 1.200 responden di 34 provinsi secara proporsional. Penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan margin of error mencapai 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Antara/jpnn/net/MSC01)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *